Besok, Jalur Prestasi Unissula Dibuka

153

SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur penelusuran siswa berprestasi (PSB) untuk tahun Akademik 2015-2016. Jalur tersebut memberikan kesempatan kepada para calon peserta dari lulusan SMA/SMK/MA yang berprestasi baik di bidang akademik, karya ilmiah, seni olahraga dan hafidz Alquran, untuk menjadi mahasiswa Unissula.

Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Unissula Made Dwi Adnjani MIKom menjelaskan, jika program PSB dibuka untuk semua fakultas, antara lain, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. ”Program PSB memiliki beberapa keunggulan antara lain, bebas tes dan bebas biaya pendaftaran. Khusus untuk prodi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi mendapat keringanan biaya (DPI) dana pengembangan institusi,” terangnya.

Dia merinci, besaran untuk DPI Fakultas Kedokteran Umum jalur regular Rp 285 juta sedangkan untuk jalur PSB Rp 125 juta. Besaran dana pengembangan institusi Fakultas Kedokteran Gigi untuk jalur reguler Rp 175 juta sedangkan untuk jalur PSB Rp 90 juta. ”Indikator yang menjadi penilaian jalur PSB adalah nilai rapot, prestasi, dan memperhatikan pemerataan persebaran sekolah berdasarkan wilayah seluruh Indonesia,” jelasnya.

Adapun cara pendaftaran yaitu mengisi formulir pendaftaran secara online, bagi yang tidak bisa mengakses formulir online disediakan formulir yang telah dikirim ke sekolah, mengganti biaya administrasi yang akan dikelola oleh sekolahan, serta seluruh berkas persyaratan dimasukkan dalam amplop dan dikirimkan ke panitia PSB Unissula.

Pendaftaran jalur PSB sudah dimulai 5 Januari dan akan berakhir 31 Maret 2015 sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi pada pecan ke-4 bulan April 2015. Registrasi 10 hari setelah PSB diumumkan. Prosedur lengkap PSB, dan pengumuman hasil seleksi ditampilkan secara lengkap di website resmi www.unissula.ac.id, hotline 081390673567, 0816660267. (zal/ce1)