UNGARAN-Ratusan peluru dan granat nanas ditemukan Sutari, 40, warga Nglepung RT 06 RW IX, Kalongan, Ungaran Timur saat menggali septictank. Benda tersebut ditemukan saat Sutari menggali tanah berkedalaman 50 sentimeter. Kini, barang bukti tersebut diamankan di Markas Kodim 0714/Salatiga.

Menurut, Ratnaningsih, 37, ketika itu, suaminya, Sutari, sedang mengali tanah untuk membuat septictank, Sabtu (31/1) sore. Saat menggali tanah itulah Sutari menemukan kethel (alat untuk menanak nasi terbuat dari baja, red). Ketika dibuka, ternyata di dalamnya terdapat ratusan peluru dan granat. Selanjutnya peluru itu disimpan di rumah. Sutari memperkirakan bahwa peluru tersebut peninggalan pamannya.

“Kemungkinan benda-benda ini milik Pakdhe, karena dulunya tentara. Sebelumnya juga pernah menemukan gotri atau peluru zaman dulu,” ungkap Ratnaningsih, Senin (2/2) kemarin.

Sutari baru melapor kepada Babinsa Koramil Ungaran terkait penemuan peluru dan granat tersebut, Minggu (1/2) siang kemarin. Selanjutnya, Minggu pukul 21.00, ratusan peluru dan granat nanas dievakuasi oleh Babinsa Koramil Ungaran.
“Peluru dan granat tersebut sudah diserahkan kepada kami dan selanjutnya diamankan di Makodim,” tutur anggota Koramil Ungaran, Pelda Sutarta. (tyo/ida)