Cinta Lingkungan

138
ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG
ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG
ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG

KECINTAANNYA terhadap lingkungan membuat Tanti Saptarini sempat bergabung di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tropical Forest Trust pada 2008 lalu. Namun wanita 32 tahun ini akhirnya banting setir berkarir di perhotelan.

Meski demikian, Tanti –sapaan akrabnya— mengaku tetap peduli lingkungan sekalipun kini sudah bekerja di hotel. ”Saya masih sering banget menanam aneka jenis pohon agar lingkungan tidak bertambah rusak,” katanya kepada Radar Semarang.

Wanita yang berprofesi sebagai Front Office Manager Hotel Neo Candi Semarang ini mengaku, menghijaukan pekarangan rumahnya dengan berbagai jenis tanaman buah. ”Pohon buah dengan daun rindang pasti membuat udara sekitar rumah jadi sejuk. Selain itu, saya juga menanamkan semangat one man one tree kepada anggota keluarga saya,” ucapnya.

Ibu muda kelahiran Semarang, 30 Oktober 1982 ini mengaku sangat nyaman dengan lingkungan kerjanya sekarang. Apalagi manajemen hotel juga sangat peduli terhadap lingkungan. ”Meski sudah tidak di LSM lingkungan, bekerja di sini (Hotel Neo) rasanya sangat nyaman. Sebab, kerusakan terhadap lingkungan sangat diminimalisasi,” katanya.

Ia mencontohkan, di hotelnya ada aktivitas recycle paper guna mengurangi limbah kertas. Selain itu, juga dipisahkan sampah organik dan nonorganik, serta penggunaan energi listik dan air seperlunya. ”Manusia butuh lingkungan bersih. Jika kita menghargai lingkungan, maka bencana alam tidak akan terjadi akibat kerusakan lingkungan,” ujarnya. (den/aro/ce1)