SEMARANG – Berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) menunjukan 25,9 persen masyarakat Indonesia mengalami masalah gigi. Dari data tersebut 72.3 persen mengalami gigi berlubang. Angka tersebut cukup besar dan perlu mendapat perhatian.

Research dan Innovation Manager Formula Oral Care Puji Astuti mengatakan, gigi berlubang dan keropos merupakan keluhan yang paling banyak dialami masyarakat. Menyikat gigi dan penggunaan pasti gigi yang tepat harus dilakukan sejak dini. “Dalam keadaan normal sebenarnya gigi memiliki pertahanan cukup baik untuk mengatasi pengikisan akibat asam. Gigi sejatinya gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri melalui mineral-mineral dari air liur (saliva), tetapi jika terpapar asam terus-menerus tentunya gigi tak punya kesempatan melakukan perbaikan sendiri,” katanya.

Ia menjelaskan paparan asam yang berlangsung secara terus-menerus terhadap gigi itulah yang kemudian menyebabkan lapisan email gigi menjadi semakin tipis dan kemudian menjadikan gigi keropos. “Pada dasarnya, gigi keropos disebabkan oleh asam hasil penguraian sisa makanan dan bakteri dalam mulut. Makanya, gigi memerlukan lapisan untuk melindungi gigi dari serangan asam,” tukasnya.

Public Relation Manager Orang Tua Group Anna Maria menjelaskan Formula sebagai salah satu produk ‘Orang Tua’ telah berinovasi menciptakan Formula Strong Protector untuk melindungi gigi. “Formula Strong Protector dilengkapi dengan SPL (system protective layer) yang mampu melapisi dan melindungi email gigi agar lebih tangguh dari serangan asam yang disebabkan oleh bakteri,” katanya. (tya/smu)