Tidak Harus Koalisi dengan Kubu KIH

140
Salafudin
Salafudin
Salafudin

MAGELANG- DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Magelang akan membentuk tim 7 untuk persiapan menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang 2015. Tim ini bertugas menjajaki koalisi dengan partai politik lainnya.

Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Magelang, Salafuddin mengatakan, tim akan dibentuk pada 2 Februari mendatang. Desk Pilkada ini akan beranggotakan 7 orang, sehingga dinamakan Tim 7.

“Tim 7 terdiri dari ketua tanfidziyah, sekretaris, bendahara dan Desk Pilkada itu sendiri. Tim 7 mulai bekerja sejak SK pembentukannya nanti dikeluarkan oleh DPC PKB kota Magelang,” ujar Salafuddin. Salah satu tugas Tim 7 adalah menentukan figur calon yang akan diusung.

Salafuddin menjelaskan, setelah Tim 7 terbentuk, disusul pelaksanaan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) yang rencananya digelar 8 Februari. Forum ini akan menentukan strategi atau langkah-langkah PKB ke depan. DPP PKB memberikan kebebasan kepada pengurus DPC PKB terkait keputusan pilwakot nanti.

PKB, katanya, tidak terpatok harus berkoalisi dengan partai-partai di kubu Koalisi Indonesia Hebat seperti yang terjadi di tingkat pusat. DPP memberi kewenangan kepada DPC untuk menentukan sikap apakah gabung di KIH atau ada inisiasi sendiri membentuk poros baru.
“Prinsipnya kami membuka diri dengan partai manapun untuk berkoalisi,” ujar Sekretaris Komisi C DPRD Kota Magelang ini.

Salafuddin berharap calon wali kota mendatang merupakan tokoh yang visioner, punya kapabilitas, memasyarakat atau dekat dengan rakyat. Pembangunan insfrastruktur terus dikembangkan, sosial kemayarakatan juga harus diperhatikan dan yang terpenting lagi adalah meningkatkan ekonomi mayarakat, rakyat Magelang supaya bisa sejahtera. Wali kota mendatang diharapkan punya keberanian atau ketegasan untuk perluasan wilayah kota, supaya laju pembangunan di kota sejuta bunga ini bisa cepat.

Terpisah, Wakil Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Magelang M Muchit menyatakan, partainya saat ini belum ada pembicaraan khusus terkait pilwakot. “Minggu depan kami pengurus DPC akan meggelar rapat untuk menyikapi Pilkada nanti,” ujarnya.

Muchit juga membeberkan, sebenarnya ada beberapa tokoh yang sudah menjalin komunikasi dengan Hanura, namun sifatnya masih nonformal. “Untuk sikap resmi partai, tunggu saja minggu depan,” jelasnya. (mg2/ton)