PAN Persilahkan Sugeng Jadi Calon Independen

162

PEKALONGAN-DPD PAN Kota Pekalongan menanggapi santai rencana Sekretaris Jendral (Sekjen)-nya, Sugeng Lumintu, maju secara independen dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Pekalongan, Desember mendatang. Pasalnya, pencalonan itu bagian dari hak pribadi.

Ketua PAN, HM Fredy Wijaya mengatakan, tak ada masalah bagi pengurus yang akan maju secara independen dalam Pilwalkot. “Kalau Pak Sugeng ingin maju secara independen tidak masalah. Sudah menjadi haknya, saya persilahkan,” kata Sugeng.

Terkait statusnya yang masih menjadi Sekjen PAN Kota Pekalongan, Fredy menilai keputusan mundur atau tidaknya Sugeng, diserahkan kepada yang bersangkutan. “Soal itu, kami belum bisa mengambil keputusan sampai rapat kerja yang akan dilaksanakan Februari 2015 mendatang. Termasuk kemungkinan untuk mendukungnya di Pilwalkot mendatang,” imbuhnya.

Fredy menjelaskan, partainya akan menentukan sikap terhadap Pilwalkot 2015 usai rapat kerja tersebut. Dukungannya terhadap calon wali kota, juga akan diputuskan setelah agenda tersebut. “Kami bisa saja mendukung siapapun dalam Pilwalkot 2015. Bisa dari internal atau eksternal partai. Namun akan ditentukan saat rakerda,” kata dia.

Namun, kata dia, PAN sudah menyiapkan tiga nama yang telah dikantongi untuk diusulkan dalam bursa bakal calon wali kota. Namun nama ketiganya masih dirahasiakan sampai selesai Rakerda mendatang. “Kami sudah ada tiga nama, tapi masih rahasia. Nanti siapa orangnya kelihatan seusai rakerda,” ujarnya.

Sedangkan siapa yang akan digandeng untuk berkoalisi, kata dia, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada orang yang terpilih. Dari tiga nama yang sudah dikantongi, nantinya akan dipilih satu untuk dicalonkan. Calon yang terpilih, akan diberi kewenangan penuh untuk memilih partai yang akan berkoalisi dengan PAN. “Dari tiga nama itu, kami pilih satu orang. Terserah nanti orang itu mau berkoalisi dengan partai mana, sepenuhnya kami dukung,” jelas dia.

Sebelumnya, mantan anggota DPRD Kota Pekalongan, Sugeng Lumintu, sudah menyatakan sikap akan mengikuti bursa calon Wali Kota Pekalongan dalam Pilwalkot 2015. Dia juga menyatakan akan maju secara independen. Sugeng juga siap menanggung konsekuensinya, termasuk mundur dari jabatan Sekjen PAN yang kini tengah dijabatnya.

“Saya siap mengikuti segala proses yang harus dilalui sebagai calon independen di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan. Saat ini, sudah mulai menggalang dukungan dan konsolidasi ke seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya. (han/ida)