Job Fair Dibanjiri Pelamar Fresh Graduate

174

PLEBURAN – Ribuan pencari kerja padati Job Fair di Universitas Diponegoro (Undip). Meski berjejal-jejalan, namun para pencari kerja tersebut tampak begitu antusias saat menghadiri bursa lapangan kerja tersebut. Nampak masing-masing stan yang disediakan oleh panitia, disesaki para pencari kerja.

Job Fair yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Undip Pleburan tersebut memang didominasi oleh para pencari kerja kategori fresh graduate. Tak kurang, dari 45 perusahaan lokal dan nasional disediakan di Job Fair Undip. Job Fair yang dilaksanakan pada Jumat hingga Sabtu (30-31/1) diselenggarakan oleh Undip.

Masing-masing perusahaan juga menyediakan lebih dari 5 lowongan pekerjaan, sehingga para pencari kerja dapat memilih dan menyesuaikan mana yang cocok dengan latar belakang ijazahnya.

Bondan Nugrahanto misalnya, mahasiswa salah satu universitas negeri di Kota Semarang yang baru lulus pada akhir 2014 ini mengaku jika dalam Job Fair lowongan pekerjaan yang dibuka lebih banyak, jadi banyak pilihan. ”Biasanya masing-masing stan perusahaan hanya berisikan 2 atau 3 lowongan. Ini satu stan perusahaan terdapat 4 sampai 5 posisi pekerjaan. Bisa dibilang, ratusan posisi kerja meramaikan Job Fair kali ini,” ujar Bondan.

Sementara itu, Ketua Panitia Job Fair, Agung Budiatmo mengatakan, ratusan lowongan kerja akan dibuka untuk setiap harinya selama kegiatan berlangsung. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan utama event tersebut, yakni ingin mempertemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan calon tenaga kerja yang pas.

Agung memperkirakan sekitar 6.000 jobseeker akan meramaikan Job Fair Undip yang digelar dua hari ini. Melalui event ini, kata dia, para jobseeker akan merasa diuntungkan. ”Mereka tentunya akan bisa memilih perusahaan yang dinginkan, melakukan tes dan wawancara di tempat,” paparnya.

Menurutnya, dalam hal ini perusahaan-perusahaan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun diuntungkan, karena mereka (perusahaan BUMN) bisa merekrut kandidat-kandidat berkualitas dari Undip dan perguruan-perguruan tinggi lain di Jateng dan DIJ. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut dapat juga melakukan ekshibisi untuk memperkenalkan perusahaan yang bersangkutan kepada masyarakat umum. (ewb/zal/ce1)