SEMARANG – Memasuki awal tahun 2015, penjualan elektronik sudah mulai terasa mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan periode sama tahun lalu. Setidaknya, penjualan elektronik sudah meningkat antara 20-30%, dan diprediksi pertumbuhan itu akan stagnan hingga akhir tahun nanti.

Managing Director Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto mengatakan, peningkatan penjualan elektronik sudah terlihat dari respon pengunjung pada program ‘pesta promo awal tahun’, di seluruh store Global Elektronik Semarang. Konsumen membeli beragam perangkat elektronik, dengan permintaan tertinggi pada mesin cuci. “Penjualan meningkat signifikan. Terlebih musim hujan ini mesin jadi cuci laris,” katanya, kemarin.

Menurutnya, mesin cuci top loading Samsung tipe WA85H4400 dijual hanya Rp466.000, mesin cuci Midea 2 tabung tipe MTA77-8302 Rp162.000. Penjualan itu dengan menggunakan kartu kredit perbankan yang diangsur selama 6 bulan lamanya dengan bunga 0 persen.

Andy menuturkan, industri elektronik terus melakukan inovasi tiada henti. Perangkat elektronik audio-video telah memberikan kenikmatan berupa hiburan visual, sedangkan home appliances seperti mesin cuci, lemari es, dispenser air, pendingin udara telah menjadi kebutuhan setiap orang yang tinggal di perkotaan. “Terlebih small appliances seperti microwave, rice cooker, juicer menjadi kebutuhan sehari-hari di dapur, sekarang harganya lebih terjangkau dan berbagai kemudahan pembayaran melalui perbankan,” terangnya.

Ditambahkan, setelah melakukan renovasi total displai produk, Superstore Global Elektronik Jalan MT Haryono 509A Semarang, kini telah terdisplay TV super premium seperti TV Curved Samsung, TV Android Toshiba Pro Theater, TV Sharp Aquos Quattron, TV Sony Bravia 4K dengan harga lebih murah. Bila kemahalan, toko ini bersedia kembalikan selisihnya 50 persen. “Selain itu, dapatkan harga special home theater, blu-ray player, disc blu-ray secara gratis,” imbuhnya.

Sementara, TV Android Toshiba Pro Theatre memiliki kelebihan beberapa fitur, pengalaman baru dengan sistem operasi platform Android 4.4, aplikasi yang melimpah dan pengalaman baru menonton TV. Selain itu, ada pengalaman bermain game dengan performa tinggi, profil multiple user, platform aplikasi ramah lingkungan, streaming video youtube yang stabil dan TV Anda menjadi lebih personal. “Anda secara cepat dapat mengunduh konten, aplikasi live wallpaper yang menarik dan interaktif di TV Anda,” tandasnya. (aln/jpnn/smu)