Larang Alih Fungsi Lahan Pertanian

148

DEMAK – Pemerintah pusat bertekad untuk mewujudkan produksi hasil pertanian meningkat sesuai yang ditargetkan. Untuk mendukung target itu, anggaran yang digelontorkan ke pemerintah daerah dinaikkan hingga 200 persen. Kepala Balai Besar pelatihan kesehatan hewan Kementerian Pertanian, Djajadi Gunawan mengatakan, bantuan itu bisa berupa benih padi, mesin traktor, jaringan irigasi, dan lainnya. Bantuan tersebut disalurkan melalui kelompok tani di setiap desa. “Jadi, dukungan anggaran sangat besar,” katanya disela panen raya padi di Desa Cabean, Kecamatan Demak Kota, kemarin.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Demak, Wibowo mengatakan, untuk meningkatkan produksi itu memang dibutuhkan dukungan dari pemerintah pusat. Sebab, Demak sendiri ditarget harus bisa memenuhi 765.505 ton gabah kering giling atau 15,8 persen. Target itu merupakan diatas rata-rata di Jateng. “Target swasembada pangan harus tercapai,” katanya.

Jika melihat panen raya pada musim tanam (MT I) ini, target akan mudah dicapai. Karena itu, agar MT berikutnya tetap berlimpah, maka perlu tepat masa tanamnya, pupuk aman serta hama terkendali. Dia menambahkan, dalam panen raya ini, tercatat 11,5 ton perhektare. Artinya, panen bisa diandalkan petani.

Bupati Demak, Dachirin Said mengatakan, dukungan TNI dalam mengawal swasembada pangan sangat penting. “Kalau misalkan ditemukan penyimpangan pupuk bisa langsung ditangani. Polres pun siap memback-up,” katanya. Selain dukungan TNI itu, petani diharapkan tidak menjual tanahnya untuk dialihfungsikan. “Jangan sampai ada alih fungsi lahan produktif,” ingatnya.

Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Ari Ariyanto menegaskan, aparat TNI, utamanya Babinsa siap mengatasi kendala dilapangan terkait upaya peningkatan produksi pangan tersebut. “Kita cari kendalanya apa. Termasuk kaitannya dengan persediaan pupuk, penanganan hama dan lainnya. Kita siap terjun langsung ke lapangan,”jelas Dandim didampingi Pasiter Kapten Kav Karmadi, kemarin. Setidaknya, 220 Babinsa siap diterjunkan. (hib/fth)