Peran Komunitas Dibutuhkan

186

KRANGGAN – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan peran komunitas sangat dibutuhkan dalam pembangunan Kota Atlas ini. Semakin banyaknya komunitas, maka semakin menunjukkan iklim keterbukaan dan kepemudaan di sebuah kota semakin tumbuh.

”Komunitas banyak dan beragam mulai sekadar akun kota, komunitas sepeda, pencinta tempat angker dan lain-lain. Jika semua bersatu, tentu akan dapat membantu Kota Semarang tumbuh lebih baik,” terang wali kota dalam acara Rembug Socmed Memaksimalkan Event Kota di Quest Hotel, Sabtu (24/1).

Wali kota yang akrab disapa Hendi ini, juga berjanji akan memberikan kemudahan bagi komunitas dalam menggelar kegiatan. Seperti memberi kemudahan izin. Pemkot bahkan siap menjembatani dan membantu jika komunitas membutuhkan izin dari kepolisian terkait keamanan dan pihak-pihak lain. Jika diperlukan, pemkot juga siap memfasilitasi ruangan. ”Kini sudah ada PIP (Pusat Informasi Publik) yang memang ditujukan sebagai ruang komunitas berinteraksi. Di sana gratis, ada pendingin ruangan, wifi serta fasilitas lainnya,” terangnya.

Di sisi lain, pemkot juga mengaku siap meminimalisasi kegiatan luar ruang yang memakan badan jalan semisal event di Jalan Pahlawan. Hal itu perlu dilakukan karena banyaknya keluhan dari warga dan pengguna jalan.

”Saya pernah didatangi sebuah brand yang meminta izin menggunakan Jalan Pahlawan dan dengan tegas saya sarankan agar menggunakan Sirkuit Tawang Mas saja Jatidiri. Namun berikutnya, yang datang bukan brand itu lagi tapi pejabat yang lebih tinggi. Mohon disikapi dengan bijak hal ini, yang jelas saya sudah memberikan arahan solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Pernyataan ini sendiri menjawab pertanyaan Doni Gondrong yang mengeluhkan adanya event di Jalan Pahlawan yang menutup akses warga. Event serupa seringkali berlangsung di akhir pekan sehingga mengganggu aktivitas warga yang hendak dan dari Simpang Lima. (zal/ce1)