Dhofir Tetap Pertahankan Skema 4-5-1

138
TETAP SEMANGAT: Para pemain PSIS saat berlatih kemarin di Stadion Jatidiri. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)
TETAP SEMANGAT: Para pemain PSIS saat berlatih kemarin di Stadion Jatidiri. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)
TETAP SEMANGAT: Para pemain PSIS saat berlatih kemarin di Stadion Jatidiri. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Arsitek PSIS Semarang, M Dofir tampaknya tetap akan menggunakan format ‘warisan’ dari pelatih Eko Riyadi yang musim lalu sukses menerapkan pakem 4-5-1 kepada tim Mahesa Jenar.

Hal itu bukan tanpa alasan, banyaknya pemain PSIS musim lalu yang bersedia memperpanjang kontraknya, membuat M Dofir tidak harus merubah banyak skema tim Mahesa Jenar menghadapi kompetisi Divisi Utama 2015. “Kerangka tim musim lalu kan tidak banyak yang berubah. Hampir 80 persen pemain inti musim lalu mau bertahan jadi bagi kami menjadi sebuah keuntungan karena tidak banyak perubahan,” kata M Dofir.

Musim ini the winning team PSIS musim lalu memang hampir semua mau bertahan. Di pos belakang, kapten Fauzan Fajri serta wing bek Welly Siagian masih akan menjadi pilihan utama tim pelatih PSIS musim ini.

Kemudian di tengah, Dofir juga bisa kembali memanfaatkan tenaga M Yunus serta Edianto dimana musim lalu keduanya adalah langganan starter PSIS. Begitu juga di depan, top skor PSIS musim lalu dengan 14 gol, Hari Nur Yulianto juga telah resmi dipertahankan.

“Untuk pos kiper memang kita hanya menyisakan satu kiper musim lalu yaitu Fajar sedangkaan dua lainnya yaitu Ega Rizky dan Saiful Amar berstatus kipe baru. Tapi tidak masalah karena keduanya sudah berpengalaman di Divisi Utama,” tambah Dofir.

Perubahan besar sedikit terjadi di lini tengah dimana musim ini manajemen Mahesa Jenar telah merekrut beberapa pemain baru seperti Yogi Ardianto, Indra Setiawan, Rizky Yulian Saputra maupun Bakori Andreas. “Musim kemarin ekuatan kami ada di lini tengah, makanya musim ini kami juga akan membangun kekuatan di lini tengah juga dan kalau dilihat kualitasnya hampir semua merata,” sambung mantan pemain PSIS tersebut.

Masih mengenai komposisi pemain, saat ini Dofir mengatakan pos striker masih menjadi prioritasnya untuk penambahan pemain. Di pos tersebut PSIS baru berhasil mendapatkan tanda tangan Harri Nur Yulianto.

Sementara beberapa pemain pelamar seperti eks bomber Martapura FC, Johan Yoga Utama beberapa waktu lalu gagal mencapai kesepakatan dengan manajemen PSIS soal nilai kontraknya selama semusim. “Untuk pos striker paling tidak kami ingin kualitasnya yang setara dengan Harri Nur. Sambil jalan kami terus melakukan perburuan termasuk dalam pekan ini kami akan melihat kualitas beberapa pemain pelamar,” pugnkasnya. (bas/smu)