BATANG-Pemkab Batang menargetkan 2 emas dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2015 yang akan digelar Maret 2015 mendatang. Karena itulah, dalam Popda Kabupaten Batang, Senin (19/1) kemarin, dimanfaatkan untuk menjaring para atlet profesional.

“Karena itulah, kami akan serius dalam pembinaan olah raga mengadapi Popda Provinsi Jateng,” kata Kabid Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Batang, Karyono, saat ditemui Radar Semarang, kemarin.
Pihaknya cukup optimistis bisa melampaui target tersebut. Menyusul, raihan Popda tingkat karesidenan sebelumnya, sudah mampu membawa pulang 1 medali emas.

“Karena itulah, kami akan meningkatkan kembali pelatihan bagi para pemenang di Popda sebelumnya. Kami mengumpulkan atlet pemenang Popda Karesidenan dengan memusatkan latihan atau TC. Semua biaya dan akomodasi akan ditanggung pemerintah,” kata Karyono.

Sementara itu, Kepala Disdikpora, Gigih Sayoga mengatakan terkait persiapannya akan melakukan pembibitan atlet secara dini dan berkesinambungan.

“Dengan strategi tersebut, atlet Batang akan berkembang dalam segi kuantitas serta kualitasnya. Sehingga dalam tiap kompetisi, atlet Batang benar-benar berkompeten mewakili Batang,” kata Gigih.

Sementara itu, Popda tingkat Kabupaten Batang yang digelar selama 3 hari mulai Senin (19/1) hingga Kamis (22/1), diikuti 2.712 siswa dengan melibatkan ofisial dan pelatih sebanyak 366 orang. Peserta Popda meliputi siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK.

Ada 14 cabang olah raga yang dipertandingankan. Meliputi atletik, kids atletik, senam, bola basket, bola voli, renang, bulutangkis, tenis meja, sepak takrow, tenis lapangan, sepak bola, karate, tae kwon do, pencak silat, dan catur.
“Hasil Popda tahun 2014 tingkat Karsidenan Pekalongan, Kabupaten Batang memperoleh 13 emas, 21 perak dan 27 perunggu. Untuk Popda tingkat Provinsi Jateng memperoleh 1 emas, 4 perak dan 9 perunggu,” katanya. (mg12/ida)