Penjualan Rumah Premium Diprediksi Naik 20 Persen

125

SEMARANG – Penjualan rumah dengan segmentasi menengah ke atas di Jawa Tengah tahun ini diprediksi akan meningkat hingga 20 persen. Prediksi ini bisa diukur dari suksesnya penjualan dalam pameran perumahan premium akhir-akhir ini.

Selain itu, peningkatan tersebut juga disebabkan lokasi di Jawa Tengah terutama Kota Semarang cukup diminati sebagai kawasan hunian. “Perkembangan rumah menengah ke atas cukup bagus. Bisa dilihat dari sejumlah pameran, di mana penjualannya cukup baik. Tahun ini kira-kira penjualan bisa meningkat hingga 20 persen,” ujar Ketua DPD REI Jateng MR Prijanto, kemarin.

Selain untuk tempat tinggal, masyarakat kalangan menengah ke atas tak sedikit yang menginvestasikan dananya dengan membeli rumah. Untuk harga, menurutnya juga tak begitu menjadi kendala, meskipun terjadi kenaikan harga bangunan ataupun tanah.

Selain rumah dengan segmentasi menengah ke atas, perkembangan penjualan hunian apartemen juga dinilai cukup bagus untuk Jawa Tengah. Di Semarang sendiri, saat ini sudah cukup banyak apartemen yang berdiri maupun dalam tahap pembangunan. “Rata-rata penjualannya bagus, bahkan ada yang sudah sold out. Ya, apartemen, khususnya segmen menengah ke atas ini memang banyak dilirik. Selain untuk second home juga untuk investasi,” tandasnya. (dna/smu)