AUN Lakukan Penilaian Akreditasi di Undip

151
Sudharto P Hadi. (DOK./RASE)
Sudharto P Hadi. (DOK./RASE)
Sudharto P Hadi. (DOK./RASE)

TEMBALANG – Tim dari ASEAN University Network (AUN) selama tiga hari (19-21/1) melakukan visitasi akreditasi terhadap tiga program studi di Universitas Diponegoro (Undip). Ketiga program studi tersebut antara lain Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Kesehatan Masyarakat.

Ketua Lembaga Penjaminan Pengembangan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip, Arifin menjelaskan, untuk penilaian akreditasi masing-masing program studi akan didampingi dua asesor. Penilaian nanti pada akhirnya berupa sertifikat AUN untuk level program studi. ”Ke depan akan ada lagi 5 program studi di Undip yang akan dinilai oleh tim AUN. Ke-5 program studi yang juga akan dinilai, yaitu prodi Akuntansi, Manajemen, Kedokteran, Arsitek dan Perencanaan Wilyah Kota,” kata Arifin, Senin (19/1).

Sementara itu Rektor Undip, Sudharto P Hadi menyambut baik kedatangan tim akreditasi dari AUN tersebut. Menurutnya kedatangan tim AUN sejalan dengan kesiapan universitas yang dipimpinnya untuk mempercepat proses standardisasi kualitas SDM baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di tingkat ASEAN khususnya saat penerapan Asian Single Community. ”Nantinya bukan hanya mobilitas di bidang pendidikan tinggi namun juga tenaga kerja. Setelah Undip mendapat predikat A pada akreditasi institusi tingkat nasional oleh BAN-PT, kini Undip berusaha melangkah pada jenjang penilaian akreditasi di wilayah regional ASEAN,” kata Sudharto sembari menambahkan, akreditasi AUN merupakan salah satu upaya Undip menuju internasionalisasi. (ewb/zal/ce1)