JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan merubah tata ruang di semua kantor kelurahan dan kecamatan di Kota Jogjakarta. Diantaranya dengan menambahkan meja resepsionis serta papan petunjuk layanan di depan kantor yang akan melayani dan mengarahkan masyarkat yang membutuhkan pelayanan.

Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Jogja Hari Setya Wacana mengatakan, perubahan untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan di kantor kelurahan maupun kecamatan. “Ada semacam front office di depan yang akan melayani masyarakat begitu datang,” ujar Hari kemarin (17/1).

Selain itu perubahan untuk merubah tata ruang perkantoran di kelurahan dan kecamatan supaya tidak terkesan kaku. Ia mengaku saat ini sudah ada beberapa kantor kelurahan dan kecamatan yang sudah menerapkan. “Harapanya nanti kalau mengurus di kelurahan dan kecamatan bisa lebih nyaman,” tambahnya.

Tahun 2015, DBGAD Kota Jogja akan melakukan rehabilitasi besar-besaran kantor kelurahan Kadipaten dengan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Selain itu juga terdapat beberapa kantor kelurahan yang akan direhab ringan, seperti Kantor kelurahan Ngampilan, Pandeyan dan Purbayan. “Kalau ada yang atap bocor atau perbaikan ringan tetap kami kerjakan,” tambahnya.

Selain itu DBGAD Kota Jogja juga akan membangun fasilitas umum, seperti balai rukun earga. Menurut dia pada tahun ada terdapat delapan balai RW yang akan dilakukan perbaikan dengan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar. “Tapis yaratnya bangunan tersebut jelas kepemilikannya merupakan tanah milik Pemkot Jogja, tapi warga diberikan izin untuk pemanfaatanya,” jelas Hari. DBGAD akan langsung melakukan persiapan sehinga paket pekerjaan bisa segera dilelangkan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP).(pra/fth)