Siapkan Pembangkit Listrik dari Sampah

116

GUBERNURAN – Pemprov Jateng menyatakan keseriusannya untuk membuat mikro energi yang bersumber dari limbah sampah. Jika hal itu nantinya dapat terealisasikan, maka pembangkit listrik dari sampah tersebut akan menjadi satu-satunya dan kali pertama di Indonesia.

”Sudah, teman-teman rencananya mau berangkat ke sana (Korea Selatan) untuk melihat hal itu. Kemudian, ada juga paparan dari nasional dan Denmark untuk energi tersebut,” ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, Selasa (13/1).

Atas paparan tersebut, Ganjar mengaku telah meminta contoh-contoh atas energi itu. Mulai dari teknologi yang digunakan dan titik-titik percontohan yang ada. Menurutnya, hal tersebut untuk menangani persoalan energi di Jawa Tengah sekaligus mengonversi sampah menjadi hal yang positif. ”Termasuk juga (kerja sama) pengolahan air bersih,” katanya.

Ganjar menambahkan, sudah saatnya pengelolaan air bersih dilakukan secara profesional. Sebab, air bersih merupakan salah satu yang menjadi kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, ia menilai Korea Selatan memiliki pengalaman tentang pengolahan air itu. Sehingga ke depannya tidak lagi menggunakan air bawah tanah.

”Sudah ada beberapa pihak yang menawarkan konsep yang cukup bagus. Jika mampu men-cover kebutuhan masyarakat maka bisa dilanjutkan,” terang Ganjar yang mengaku telah banyak investor yang menyatakan ketertarikannya. (fai/aro/ce1)