MAGELANG – Awal tahun 2015, Satuan Polres Magelang Kota kembali menangkap pemakai narkoba jenis sabu-sabu. Dua tersangka ditangkap di Jalan Majapahit depan warnet Happy Net sekitar pukul 20.00 Jumat (2/1) lalu. Sedangkan satu tersangka dibekuk di lokasi berbeda.

Dua tersangka yang berhasil diciduk adalah Wiranto, 26; Irawan Supriadi alias Bagong, 31, warga Dusun Mendangan, Desa Trasan Gede, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang yang pada saat itu berboncengan dan melintas di Jalan Majapahit. Pihak kepolisian yang mendapatkan informasi dari warga, langsung menghentikan mereka.

Setelah digeledah, ditemukan sabu-sabu dan beberapa alat hisap. Keduanya langsung dibawa ke mapolres untuk dimintai keterangan. Dari pengembangan kasus, muncul satu pemakai lainnya bernama Wahsudi Nugroho, 31 yang masih satu dusun.

“Menurut pengakuan, tiga tersangka membeli barang haram tersebut melalui handphone kepada seseorang yang tidak dikenal dan pembayaran dilakukan dengan transfer,” kata Kasubag Humas Polres Magelang Kota, AKP Esti Wardiani mewakili Kapolres Magelang Kota, AKBP Zain Dwi Nugroho, kemarin.

Dari pengakuan tersangka, sabu-sabu itu akan digunakan sendiri. Para tersangka mengaku sudah mengonsumi selama satu tahun. Mereka rela patungan untuk mendapatkan barang yang menyebabkan kecanduan itu.
“Mereka bertiga membeli secara gabungan serharga Rp 550 ribu,” ungkapnya.

Polisi menyita satu buah bungkus plastik sabu seberat 0,5 gram, satu unit sepeda motor Mio nopol AA 5612 VK, satu buah alat hisap, satu buah pipet kecil dan satu alat suntik sebagai barang bukti.

“Mereka dijerat pasal 112 ayar 1 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” tegasnya. (put/lis)