TANJUNG EMAS – Sebuah kapal Tugboat Sandia III diduga meledak saat sedang dilakukan perbaikan di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (9/1) sekitar pukul 14.00. Sedikitnya sembilan teknisi mengalami luka bakar. Tiga di antaranya mengalami luka bakar cukup parah. Para korban dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung, Semarang.

Informasi yang dihimpun Radar Semarang, sembilan korban tersebut masing-masing Hanafi, Solekan, Teguh Sunaryo, Eko Budianto, Guntoro, Nur Abidin, Eko Condro Prayitno, Sukardi, dan Maskat. Kapal Tugboat Sandia III tersebut milik PT Yasa Wahana Tirta Samudra Tanjung yang berkantor di Jalan Deli No 17 Tanjung Emas Semarang. Begitu pun semua korban merupakan karyawan di bawah naungan perusahaan tersebut.

Kanit Reskrim Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Tanjung Emas Semarang AKP Benny mengatakan, ledakan tersebut terjadi di dalam kamar mesin di dalam kapal. ”Sejumlah teknisi melakukan perbaikan di salah satu kamar mesin kapal, dengan melakukan pengelasan di beberapa bagian kapal yang bocor,” katanya.

Mereka menggunakan tabung elpiji yang diberi slang panjang untuk mengelas. ”Diduga terjadi kebocoran hingga meledak,” ujarnya.

Akibat ledakan tersebut, para teknisi panik, karena tidak bisa berbuat banyak hingga mengalami luka bakar. ”Untuk penyebab secara pasti masih kami selidiki lebih lanjut,” katanya.

Pantauan di lokasi kejadian menjelang petang kemarin, beberapa polisi masih di sana untuk mencari tahu kronologi insiden tersebut. Namun demikian, pihak sekuriti setempat, salah satunya tertera bernama Rozikin, melarang wartawan masuk ke TKP.

”Mohon maaf, sesuai perintah pimpinan, wartawan tidak boleh masuk,” ungkapnya sembari berdiri di portal menghalangi wartawan masuk.

Kajaga Direktorat Polisi Air Polda Jateng, Brigadir Katono mengatakan, kesembilan pekerja mengalami luka bakar langsung dilarikan ke RSI Sultan Agung. Ada tiga korban yang dirawat di ruang ICU. ”Lainnya sudah diperbolehkan pulang untuk rawat jalan. Tiga orang mengalami luka bakar parah,” ujarnya. (amu/aro/ce1)