Tersangka Sujadi Belum Diperiksa

148

BARUSARI – Dugaan kasus korupsi pembuatan taman Kota Semarang 2012 lalu kini menjadi prioritas Polrestabes Semarang. Kasus korupsi yang melibatkan mantan Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang, Sujadi, itu hingga kini masih terus didalami. Meski Sujadi sudah resmi sebagai tersangka, namun hingga kemarin yang bersangkutan belum diperiksa.

”Memang Sujadi kini sudah ditetapkan menjadi tersangka, tapi belum diperiksa. Kasus ini sendiri akan kami prioritaskan,” kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Djihartono, kemarin (6/1).

Kapolrestabes menegaskan, bahwa prioritas utama penyidik Reskrim adalah kasus korupsi. ”Secepatnya akan kami periksa. Meski banyak kasus lain yang juga masuk ke Reskrim,” tandasnya.

Djihartono memaparkan, jika modus yang dipakai tersangka Sujadi adalah dengan menggunakan Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif, serta surat pertangungjawaban tidak sesuai dengan ketentuan. Padahal proyek tersebut dilakukan oleh pihak ketiga. Pihak ketiga sendiri setelah dilakukan pemeriksaan ternyata tidak melakukan kegiatan sesuai SPK tersebut.

Menurut informasi, kasus korupsi yang melibatkan Sujadi muncul pada 2013 lalu, yang menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 700 juta. Setelah dilakukan pemeriksaan berupa klarifikasi, proyek tersebut diduga memakan anggaran senilai Rp 3,8 miliar dengan kerugian negara sekitar Rp 1,1 miliar. (den/aro/ce1)