Ungkap Aktor Intelektualnya

173

SEKRETARIS Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng, Eko Haryanto menantang pihak Kejari Semarang untuk membongkar dugaan kasus korupsi program Semarang Pesona Asia (SPA) 2007 hingga tuntas dan membidik siapa aktor intelektualnya. Menurutnya, kasus korupsi ini seperti spiral dan harus dikejar hingga pangkalnya.

”Jangan sampai kasus tersebut berhenti di tengah jalan. Penetapan satu tersangka ini dapat menjadi pembuka untuk menyeret aktor-aktor lain di atasnya. Jika hal itu berhasil, saya acungi empat jempol buat Kejari Semarang,” ungkap Eko seraya meminta untuk meniru Kejari Batang dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hal yang tak jauh beda diungkapkan Koordinator Perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Menurutnya, kasus ini telah berlangsung lama, sejak tujuh tahun lalu. Namun baru kali ini ditetapkan satu tersangka. Seharusnya aparat penegak hukum lebih cepat dalam menanganinya.

”Tidak masalah apakah ini ada unsur politis di dalamnya karena biasanya terjadi menjelang pilkada. Yang paling bagus memang begitu, saling membongkar untuk memberantas korupsi,” tandas pria yang akrab disapa Boy ini ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. (fai/aro/ce1)