Tak Tercapai, Target PAD Diturunkan

106
Mahfudz alimin/radar semarang
Mahfudz alimin/radar semarang
Mahfudz alimin/radar semarang

BATANG – Tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan di tahun 2014, membuat target PAD tahun 2015 dinyatakan lebih rendah ketimbang tahun 2014. Dari target tahun lalu Rp 1,9 miliar, untuk tahun 2015 turun menjadi Rp 1,4 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batang, Achmad Taufik menyatakan pihaknya telah menurunkan target PAD sektor perikanan 2015 sebesar Rp 1,4 miliar. Sebab melihat PAD tahun 2014 lalu hanya bisa memasuki capaian Rp 1,5 miliar saja. “Tahun 2014 kita tak bisa capai target, disamping karena kondisi cuaca juga karena alur muara yang tidak normal. Sehingga hanya Rp 1,5 miliar saja yang bisa kami capai,” ungkapnya.

Ia mengaku target Rp 1,9 miliar di tahun 2014 sangat memberatkan. Hal tersebut terjadi karena pihaknya belum melakukan penyesuaian namun PAD tersebut sudah diputuskan. “Sehingga di tahun ini, setelah kami sesuaikan dengan keadaan serta potensi-potensi yang ada, munculah target angka sebesar Rp 1,4 miliar,” jelasnya.

Dengan target yang dinilai rendah tersebut, pihaknya optimistis bisa memenuhi target tersebut bahkan melebihi. Disamping karena rendahnya angka, juga karena pihaknya sudah melakukan intensifikasi pendapatan berupa tim yang akan memantau secara intensif pendapatan yang didapat oleh nelayan. “Tim Intensifikasi ini sudah kami terapkan di triwulan terakhir tahun 2014. Awalnya tahun lalu sangat jauh dari target, namun berkat tim tersebut setidaknya bisa lebih meningkatkan angka,” jelas Taufik.

Terkait pendapatan pada 2 bulan awal, yakni Januari dan Februari pihaknya mengaku pasrah dengan pendapatan nelayan. Melihat cuaca ekstrim yang justru membahayakan nelayan. “Awal tahun ini kan kita sudah disambut dengan cuaca yang ekstrim, sehingga kami pasrah saja. Bukan berarti nelayan tak melaut sama sekali. Tapi kala cuaca sudah terlihat membaik, mereka langsung melaut,” katanya. (mg12/ric)