SERAHKAN MUKENA : Kepala Kantor Kemenag Batang Nor Rosyid menyerahkan secara simbolis bantuan mukena pada Koordinator GW1000MB, Al Mukaromah. (GW1000MB for radar semarang)
SERAHKAN MUKENA : Kepala Kantor Kemenag Batang Nor Rosyid menyerahkan secara simbolis bantuan mukena pada  Koordinator GW1000MB, Al Mukaromah. (GW1000MB for radar semarang)
SERAHKAN MUKENA : Kepala Kantor Kemenag Batang Nor Rosyid menyerahkan secara simbolis bantuan mukena pada Koordinator GW1000MB, Al Mukaromah. (GW1000MB for radar semarang)

BATANG – Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batang mencanangkan Gerakan Wakaf 1.000 mukena bersih (GW1000MB). Ribuan mukena bersih tersebut terutama akan disalurkan ke masjid atau mushola yang menjadi transit para musafir.

Koordinator GW1000MB, Al Mukaromah mengatakan, program ini bersifat sosial dan berbasis relawan. Relawan yang siap membantu sudah terdata sekitar 200 orang di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Batang. Kepala Kantor Kemenag Batang Nor Rosyid juga sudah mencanangkan gerakan ini dengan menyerahkan bantuan mukena secara simbolis pada Al Mukaromah selaku Koordinator GW1000MB. “Kegiatan gerakan ini adalah pengadaan mukena yang diupayakan dengan penggalangan dana serta pemeliharaan mukena oleh para relawan”, ujarnya, Selasa (6/1).

Dia menjelaskan, wakaf mukena diprioritaskan untuk ditasarufkan pada masjid atau mushola yang menjadi transit para musafir, khususnya di sepanjang jalan Pantura Batang serta masjid besar di kecamatan se Kabupaten Batang. Selain itu juga untuk masjid atau mushola pada dinas, perusahaan, madrasah, sekolah serta masjid dan mushola yang membutuhkan, termasuk korban bencana di Banjarnegara.

“Melalui gerakan ini diharapkan dapat memastikan tersedianya mukena bersih di tempat ibadah seperti masjid dan mushola. Mukena yang diwakafkan akan dilakukan pemeliharaan kebersihannya oleh relawan. Pemeliharaan mukena dilakukan setidaknya dengan melakukan pencucian setiap minggu,tergantung pemakaian di masjid atau mushola penerima manfaat”, katanya.

Al Mukaromah menambahkan, dalam ajaran Islam, wakaf merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan seorang muslim untuk mendekatkan diri pada pencipta Nya. Ibadah dalam bentuk wakaf lebih besar pahala dan manfaatnya bagi diri orang yang memberi wakaf. Ini karena pahala wakaf akan mengalir terus menerus pada orang yang berwakaf selama harta yang diwakafkan itu masih bermanfaat dan dimaanfaatkan oleh orang. (mg12/ric)