PDIP Buka Pendaftaran Calon

148

BALAI KOTA – DPC PDIP Kota Semarang mulai kemarin (6/1), membuka pendaftaran bakal calon (balon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Semarang periode 2016-2021. Pengumuman pendaftaran ini disampaikan ketua tim penjaringan bakal calon wali kota-wakil wali kota DPC PDIP Mahyudin Siradz didampingi sekretaris tim Bambang Sutrisno.

Sekretaris tim Bambang Sutrisno mengatakan, siklus lima tahunan sudah di depan mata. Kendati sampai sekarang aturan main pilkada belum jelas, apakah mau menggunakan UU pemerintahan daerah atau perpu, namun DPP PDIP sudah menginstruksikan agar jajaran partai di tingkat cabang segera membentuk tim penjaringan.

Dalam surat bernomor 5702/IN/DPP/XII/2014, partai meminta agar daerah yang akan menggelar pilkada segera membentuk tim penjaringan. ”Pembukaan pendaftaran ini juga sebagai kado HUT PDIP ke-42 yang akan dilaksanakan pada 10 Januari mendatang,” ujar Bambang Sutrisno.

Terkait dengan pendaftaran calon, lanjut Bambang, akan ditutup pada 21 Januari mendatang. Pendaftaran berlaku untuk umum, semua kalangan. Siapa saja bisa mendaftar, dengan catatan semua persyaratan terpenuhi. Termasuk kader internal partai.

”Panitia akan menerima seluruh pendaftaran, setelah dilakukan verifikasi para kandidat yang memenuhi syarat ini wajib mengikuti sekolah oleh partai,” terangnya.

Mengenai teknis pelaksanaan sekolah serta jangka waktunya, Bambang Sutrisno mengaku tidak mengetahui secara persis, karena semua diatur oleh DPP PDIP. Setelah mengikuti sekolah partai, para kandidat akan dipilih melalui rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) untuk menentukan siapa kandidat yang akan diajukan. ”Pegajuan nama ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jateng guna dimintakan rekomendasi dan diajukan pada pilwalkot,” katanya.

Mahyudin Siradz menegaskan, partainya memang membuka kesempatan pada siapa saja untuk mendaftar baik sebagai wali kota maupun wakil wali kota meski aturan pilkada belum ada kejelasan.

”Sampai sekarang belum ada kepastian apakah nanti akan memilih wali kota saja atau satu paket dengan wakil wali kota, kita tidak tahu, namun instruksi DPP PDIP sudah jelas, menjaring calon walikota dan wakilnya,” terangnya.

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kota Semarang Kadarlusman menambahkan, selama dua minggu para bakal calon wali kota maupun wakil wali kota akan menjalani seleksi internal DPC sebelum nantinya hasil penjaringan dikirim ke DPP.

”Paling tidak bulan Februari nanti sudah ada hasil penjaringan dan seleksi. Nantinya akan diambil dua nama calon wali kota dan dua calon wakil wali kota, kemudian kita kirim hasilnya ke pusat,” katanya. (zal/aro/ce1)