Mayat Tergeletak di Stasiun Lama

154

KENDAL— Warga Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal dikagetkan dengan penemuan mayat yang tergeletak di emperan bangunan Stasiun Lama milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Mayat laki-laki paruh baya itu ternyata adalah warga Klaten yang sedang melakukan ritual berjalan kaki dari satu daerah ke daerah lain.

Diketahui mayat tersebut bernama Djuju Ruswanto, 56, warga Gayamprit RT 01 RW 01, Klaten Selatan. Mayat kali pertama ditemukan warga sekitar dan sopir truk yang biasa beristirahat dengan memarkirkan kendaraanya di stasiun lama tersebut. Warga sekitar sendiri tidak mengenal orang tersebut, lantaran tidak ada warga sekitar yang biasa tidur di stasiun lama. Temuan mayat tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pemeriksaan.

Hasilnya tidak ada tanda luka luar atau bekas penganiayaan. Mayat kemudian dilarikan ke RSUD dr Soewondo agar dijemput keluarganya. Sementara pihak kepolisian dari hasil identitas diri kemudian mengabarkan kepada pihak keluarga melalui kepolisian tempat tinggal korban sesuai alamat. “Kami tidak melakukan otopsi atas jenazah, jadi kami tidak mengetahui penyebab kematian korban. Kami hanya dititipi jenazah sampai nanti ada pihak keluarga yang menjemputnya,” ujar Sutriana, petugas penjaga mayat di RSUD dr Soewondo, Senin (5/1).

Keluarga korban Djuju yang mendapatkan kabar langsung datang ke rumah sakit untuk menjemput jenazah. Diyah Kestiyah, adik ipar korban mengaku dirinya mendapatkan kabar dari keluarga di Jakarta. “Dapat kabar dari ibu, katanya kakak meninggal dan mayatnya di RS, jadi kami langsung kesini,” tuturnya.

Ia menjelaskan jika kakaknya Djuju sudah lama tidak tinggal serumah dengan keluarganya dan menjalani laku jalan sejak beberapa tahun lalu. “Jadi hidupnya memang di jalan seperti gelandangan, tapi dia memiliki keluarga di rumah. Bahkan lebaran lalu, dia pulang ke rumah keluarga di Klaten,” tandasnya. Rencananya jenazah akan dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan disana. Sebab keluarga terutama ibu korban sudah berada di Jakarta. (bud/ric)