Tak Pernah Putus Asa Demi Kesuksesan

136
FOTO: NURCHAMIM/RADAR SEMARANG
FOTO: NURCHAMIM/RADAR SEMARANG
FOTO: NURCHAMIM/RADAR SEMARANG

Hampir semua orang pernah mendengar nama Es Teller 77. Ratusan gerainya sudah tersebar di seluruh nusantara. Tidak puas dengan mempertahankan pasar dalam negeri, kini produk es teller 77 merupakan salah satu bisnis franchise kuliner yang berhasil merambah pasar internasional. Produknya sudah menjangkau pasar luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, serta masih akan terus dikembangkan untuk membuka gerai berikutnya di India, Jeddah dan Arab Saudi.

Awalnya, Es Teler 77 hanyalah sebuah kantin kecil yang dibuka di sebuah tenda di pelataran gedung pertokoan Duta Merlin Jakarta. Kantin tersebut hanya punya lima karyawan yang notabene masih keluarga.

Sering kali kantin tersebut harus ditutup akibat banjir yang terjadi pada saat-saat hujan lebat. Usaha kecil ini berjalan dengan cukup baik, tapi sebagai pedagang kecil, Es Teler 77 kerap diperlakukan tidak adil oleh pihak manajemen gedung. Suatu saat pihak manajemen gedung menaikan harga sewa sampai tiga kali lipat tanpa alasan yang jelas. Tentunya ES TELER 77 yang hanya sebagai kantin kecil tidak bisa berbuat banyak, akhirnya kantin tersebut harus ditutup dalam waktu singkat yang diberikan oleh pihak manajemen gedung.

Kejadian tersebut tidak membuat putus asa. Mereka membuka satu lagi Es Teler 77 yang lebih baik dan lebih besar di Jalan Pembangunan 1, di sebelah gedung pertokoan Gajah Mada Plaza.

Setelah lima tahun mempertahankan bisnisnya, tepat pada tahun 1987 untuk kali pertama kalinya dibuka gerai Es Teler 77 di Solo dengan sistem franchise. Semenjak itu perkembangan bisnisnya pun sangat pesat, dengan keuletan dan kerja keras memiliki lebih dari 180 gerai yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan dan pertokoan yang ada di Indonesia bahkan hingga mancanegara. (mg16/zal)