BALAI KOTA- Upaya Pemkot Semarang selama ini untuk menyelamatkan bangunan heritage di kawasan Kota Lama selalu terkendala kepemilikan bangunan. Penanganan akan lebih optimal ketika bangunan itu menjadi aset pemkot.

Salah satu upaya yang ditempuh pemkot untuk menyelamatkan bangunan bersejarah yakni dengan cara membeli. Sebelumnya pemkot telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 35 miliar di APBD perubahan 2014 melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), untuk pembelian sejumlah bangunan heritage di kawasan Kota Lama. Namun, pemkot baru bisa membeli salah satu gedug, yakni Gedung Oudetrap, yang berad di Jalan Taman Srigunting Nomor 3. Harga pembelian pun cukup fantastis, mencapai Rp 8 miliar lebih.

Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto membenarkan, bahwa pihaknya membeli gedung tersebut dengan lebih dulu melakukan kajian-kajian. “Harga sekitar Rp 8 miliar itu sudah melalui appraisal harga. Sebenarnya ada dua gedung yang kami tawar, satu oudetrap dan satu gedung lain. Tapi satu gedung itu penawarannya terlalu tinggi, jadi kami beli oudetrap. Pembayaran juga sudah kami laksanakan,” katanya.

Meski begitu, Sekda belum bisa menjelaskan lebih rinci terkait peruntukan bangunan tersebut setelah menjadi aset pemkot. Menurutnya, hal tersebut butuh kajian dan pembahasan lebih dalam. “Dalam upaya pengembangan Kota Lama, selama ini kami terkendala kepemilikan gedung. Dengan kepemilikan satu gedung itu, kami harapkan upaya pengembangan bisa maksimal. Selain itu, kami juga berusaha memancing investor untuk berinvestasi dan mengembangkan aset yang ada di sana,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala DPKAD Kota Semarang Yudi Mardiyana juga memberikan informasi yang hampir sama. Pihaknya telah melaksanakan prosedur dalam pembelian gedung ini. “Kami lakukan kajian terlebih dahulu dan akhirnya memutuskan untuk membeli Gedung Oudetrap. Sebelumnya memang ada beberapa gedung yang kami tawar, tapi harga penawarannya di atas appraisal,” tegasnya.

Anggaran yang dikucurkan melalui DPKAD Kota (kode rekening: 1.20.1.20.05.33.026 dengan item anggaran Kajian dan Pembelian Aset di Kota Lama), salah satunya direncanakan untuk pembelian gedung tua yang berada di Jalan Taman Srigunting Nomor 3. Gedung itu biasa disebut Oudetrap, dengan luas tanah 721 m2 (bangunan bagian depan) dan 475 m2 (bangunan belakang). Rencana pengadaan gedung diduga atas rekomendasi Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL), yang selama ini terlibat langsung dalam penanganan Kota Lama di Kota Semarang. (zal)