GEDUNG BERLIAN – Pemprov Jateng didorong untuk memantapkan kebijakan pola pengembangan kepariwisataan. Perhatian terhadap objek wisata potensial juga harus ditingkatkan agar Jateng memiliki destinasi wisata unggulan yang lebih dikenal seperti provinsi lainnya.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng, Irna Setiawati meminta Pemprov Jateng memberi perhatian lebih untuk objek wisata potensial seperti misalnya Baturaden di Kabupaten Banyumas dan lainnya. Tujuannya agar destinasi wisata unggulan di Jateng lebih dikenal para wisatawan.

“Bila Jawa Barat punya destinasi wisata unggulan seperti kawasan Puncak, Bogor, dan Jawa Timur dikenal dengan Kawasan Batu, seharusnya Jateng memiliki destinasi wisata unggulan yang sebanding dengan provinsi tetangga,” katanya.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jateng Yudhi Sancoyo mendorong pemprov memberikan bantuan dana dan promosi pariwisata secara maksimal. Tujuannya untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata demi kesejahteraan masyarakat Jateng. Dia mencontohkan ada sejumlah potensi wisata unggulan yang bisa digenjot PAD nya jika dikelola dan dipromosikan dengan baik. “Seperti wisata religi di Kabupaten Demak, Bleduk Kuwu di Kabupaten Grobogan, Taman Makam RA. Kartini di Kabupaten Rembang dan wisata lainnya,” katanya. (ric/ida)