SEMARANG – Tim Polda Jateng memastikan penyebab kebakaran di Pasar Klewer Solo yang melahap 2.000 lebih kios itu disebabkan karena korsleting arus pendek. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng menemukan titik munculnya api berasal dari lantai 1 Blok D di Pasar Klewer tersebut.

”Hasil Labfor, ada air masuk ke pembagi arus di lantai 1 Blok D. Lalu, jadi bunga api dan terjadi korsleting listrik,” terang Kapolda Jateng, Irjen Pol Noer Ali ditemui Radar Semarang, usai salat Jumat di Mapolda Jateng, Jumat (2/1).

Dikatakan Nur Ali, akibat korsleting arus pendek tersebut, api merembet dan membakar kabel Miniatur Circuit Breaker (MCB) hingga membakar ribuan kios. ”Sudah kami sampaikan ke Polres Surakarta,” katanya.

Nur Ali memastikan tidak ada korban jiwa. Namun untuk jumlah kerugian, Nur Ali tidak bisa menyebut secara rinci. Sebab, yang lebih tahu mengenai detailnya adalah Polres Surakarta. ”Saking banyaknya,” imbuhnya.

Terkait dugaan adanya sabotase atau kebakaran Pasar Klewer sengaja dibakar, Nur Ali mengatakan hal itu hanya dugaan. ”Saya sejak awal berada di lokasi untuk memastikan. Itu praduga. Yang jelas, kami menjelaskan melalui hasil laboratorium forensik,” tandasnya. (amu/ida/ce1)