Menristek Desak Undip Pilrek Ulang

127

PLEBURAN – Kemenristek Dikti mendesak senat Universitas Diponegoro (Undip) segera melakukan pilihan rektor (Pilrek) ulang. Pasalnya, sejak 18 Desember 2014 lalu, jabatan rektor yang lama yaitu Sudharto P Hadi telah habis masanya.
Ditemui di kampus Undip Pleburan pada Selasa (30/12) malam, Menristek Dikti, Mohammad Nasir yang pernah menjabat rektor terpilih Undip mengatakan hal tersebut. ”Kami meminta segera ada Pilrek Undip ulang. Terkait pilrek seperti apa, saya menyerahkan sepenuhnya kepada senat universitas, biar mereka yang mengatur semuanya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nasir juga menegaskan perubahan status Undip dari BLU menjadi PTN BH akan segera dilakukan. Mengingat surat keputusan dari pihak kementerian telah diturunkan. ”PTN BH Undip sudah resmi ditandatangani dari Menkum HAM bersama tiga kampus negeri di Indonesia yang sama-sama mengajukan PTN BH. Tinggal menunggu waktu saja,” jelasnya.

Sementara itu, desas-desus telah ada beberapa nama yang akan menjadi kandidat peserta Pilrek Undip mulai terlihat. Salah satunya Ocky Karna Radjasa, Guru Besar (Gubes) di Fakultas Ilmu Kelautan Undip yang juga Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip.

Saat ditanya tentang kesiapannya, Ocky mengaku siap memenangkan Pilrek. Meski Pilrek ulang belum dilaksanakan dan bakal calon belum ditetapkan, dirinya optimistis jika nanti harus bertarung di Pilrek Undip.

”Memang betul, tidak tahu kenapa para teman dari guru besar banyak yang mempromosikan jadi kandidat calon Rektor Undip nanti. Saya memang termuda di antara empat calon yang digadang-gadang masuk dalam nominasi Pilrek nanti,” jelasnya.

Ketika ditanya visi misinya, Ocky akan berkomitmen menjadikan Undip universitas riset di 2020. ”Saya kira Undip perlu sebuah akselerasi dan penguatan riset. Kami akan mendorong para peneliti untuk terus berkarya,” jelasnya.
Selain itu, ke depan ia berkeinginan terdapat pengembangan lembaga lain di Undip seperti di UPT Laboratorium Terpadu, Rumah Sakit Undip, SPBU Undip dan kepakaran yang ada di Undip yang berkembang secara maksimal. (ewb/ida/ce1)