Gelar Touring hingga Kegiatan Kemanusiaan

171
KOMPAK: Sebagian anggota Star saat melakukan touring. (M. HARIYANTO/RADAR SEMARANG)
 KOMPAK: Sebagian anggota Star saat melakukan touring. (M. HARIYANTO/RADAR SEMARANG)

KOMPAK: Sebagian anggota Star saat melakukan touring. (M. HARIYANTO/RADAR SEMARANG)

Para pemiliki mobil Toyota Avanza di Kota Semarang tergabung dalam Komunitas Star atau Semarang Toyota Avanza Owner Club. Komunitas ini menjadi wadah bertukar pengalaman, menambah saudara, serta menggelar kegiatan sosial. Seperti apa?

M. HARIYANTO

KOMUNITAS Star dibentuk sejak 2010. Pembentukannya didasarkan pada rasa persaudaraan dan saling berbagi sesama pemilik mobil Avanza di Kota Semarang. Star sendiri tidak hanya sebagai wadah saling bertukar pengalaman sesama pengguna Avanza, tetapi juga dimanfaatkan untuk menghelat sejumlah kegiatan kemanusiaan.

Ketua Star Anggoro Nugroho mengaku, komitmen tersebut dibuktikan melalui berbagai kegiatan sosial, mulai membantu anak-anak kurang mampu di panti asuhan, membantu korban bencana, hingga menggelar sahur on the road pada bulan Ramadan lalu. ”Melalui komunitas ini kami ingin memberikan manfaat kepada sesama,” kata Anggoro kepada Radar Semarang.

Untuk kegiatan kemanusiaan, Anggoro mengaku Star memiliki uang kas yang dikumpulkan dari anggota setiap kali melakukan agenda rutin kumpul bersama seminggu sekali. Saat ini, anggota komunitas mobil ini kurang lebih 80 orang.

”Kita seminggu sekali kumpul. Setiap kali bertemu, selalu menyisihkan Rp 20 ribu sebagai uang kas. Uang kas ini kami gunakan untuk kegiatan kemanusiaan. Tetapi, kalau ada kegiatan insidentil, misalnya bencana, kita iuran lagi,” ujarnya.

Untuk kegiatan kemanusiaan itu, lanjut Anggoro, biasanya dilakukan dua bulan sekali bersamaan dengan acara touring.
”Pada saat touring kita mampir ke salah satu panti asuhan, kita salurkan bantuan sesuai dengan kemampuan kita. Kegiatan ini lebih untuk meningkatkan rasa empati anggota kepada sesama,” katanya.

Dia mengaku, sebagian besar anggota Star sudah berkeluarga. Sehingga saat touring selalu melibatkan keluarga. Tujuannya, supaya antarkeluarga juga saling kenal.

”Jadi yang kenal tidak hanya para suami, tetapi para istri juga saling kenal, saling tukar pengalaman, bahkan sampai berbisnis bersama,” papar Anggoro yang juga menjabat sebagai Divisi Mobil Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM).

Salah satu anggota Star, Andy Yunanda, mengaku, anggota Star juga terwadahi dalam Komunitas Semarang Toyota Family, yang merupakan wadah untuk seluruh pengguna mobil keluaran Toyota di Kota Semarang.

”Bagi teman-teman yang hobi memodifikasi mobil mereka bisa saling sharing,” kata pemilik Avanza tahun 2007 ini.

Dia mengaku untuk memvariasi mobil Avanza tidaklah repot, apalagi saat ini spare part cukup mudah didapat, dengan harga bervariasi. ”Sekarang juga ada produk-produk lokal yang cukup banyak dengan harga dan kualitas yang tak kalah bagusnya,” ujarnya. (*/aro/ce1)