CANTIK: Artis Zaskia Adya Mecca (kanan) saat talkshow soal hijab di Hotel Grand Candi kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG)
CANTIK: Artis Zaskia Adya Mecca (kanan) saat talkshow soal hijab di Hotel Grand Candi kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG)
CANTIK: Artis Zaskia Adya Mecca (kanan) saat talkshow soal hijab di Hotel Grand Candi kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG)

WONOTINGAL – Artis Zaskia Adya Mecca dan suaminya, Hanung Bramantyo, siap merilis film terbaru mereka berjudul Hijab pada 15 Januari mendatang. Film yang mengangkat fenomena hijab di Indonesia ini dibintangi sederet artis ternama, seperti Carissa Puteri, Zaskia Adya Mecca dan Nino Fernandes. Kisah dalam film ini diangkat dari pengalaman Zaskia sendiri yang mulai mengenakan hijab sejak remaja.

Saat ditemui di Hotel Grand Candi Semarang kemarin, Zaskia menjelaskan bahwa film tersebut bercerita tentang dirinya dan 4 saudaranya yang membuka butik busana muslimah bersama. Dalam film tersebut dikisahkan banyak intrik dan kisah menarik.

”Film ini sendiri dibuat selama 2,5 tahun, dan sengaja mengangkat tema hijab karena sekarang tengah menjadi fenomena di Indonesia,” kata Zaskia kepada Radar Semarang, Minggu (28/12).

Menurut dia, alasan memilih tema hijab menjadi judul film, dikarenakan hijab telah menjadi fashion yang berkembang mengalahkan jenis fashion lainnya. ”Fenomena ini bahkan bisa menguntungkan banyak orang, salah satunya desainer dan butik yang menjual koleksi hijab yang unik. Jelas fenomena ini unik, sehingga layak diangkat ke layar lebar,” ucapnya.

Meski saat ini banyak motivasi kaum hawa berhijab, namun dalam film yang disutradarai Hanung Bramantyo tersebut diceritakan jika berhijab adalah salah satu kewajiban kaum hawa yang dianjurkan oleh Tuhan. ”Hijab intinya menjalankan kewajiban dari Allah, apa pun tema atau bentuknya sama saja intinya. Yakni, menaati aturan dari Allah,” bebernya.

Ia sempat mengenang ketika mengikuti sebuah audisi sinetron yang diproduseri oleh Dedi Mizwar. Saat itu, banyak artis cantik bersaing dengan Zaskia, namun sang produser malah memilihnya karena saat itu dirinya mengenakan hijab. ”Kata beliau belum ada artis idola baru yang pakai jilbab, sehingga beliau (Dedi Mizwar) memilih saya,” ucapnya.

Menurut Zaskia, memakai hijab adalah satu langkah awal mendekatkan diri kepada Allah. Bahkan dalam suatu hadis menyebutkan jika kita menaati salah satu perintah Allah, maka Allah akan mendekatkan rezeki kepada kita sebanyak 1.000 langkah. ”Alhamdulillah, setelah pakai hijab, karir saya menanjak, satu langkah saja sudah luar biasanya ketika kita dekat dengan Allah,” katanya penuh syukur.

Ia berpesan agar para wanita mau membuka diri, dan mencoba memakai hijab. Keinginan menggunakan hijab harus datang dari diri sendiri tanpa paksaan orang lain. ”Yang penting mau membuka diri untuk menerima hidayah, sehingga berhijab bukalah suatu beban. Melainkan suatu kewajiban,” ujarnya. (den/aro/ce1)