100 Mahasiswa Terima Beasiswa Untidar

197

MAGELANG – Setelah berstatus negeri, Universitas Negeri Tidar (Untidar) Kota Magelang memberikan beasiswa bidik misi kepada 100 mahasiswa yang berprestasi dari keluarga kurang mampu. Saat masih berstatus swasta, hanya mampu memberikan 1 sampai 2 beasiswa.

Rektor Untidar Prof Cahyo Yusuf, mengaku setelah berstatus negeri, dipercaya oleh Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswanya dengan jumlah yang lebih banyak.

Beasiswa diberikan secara simbolis kepada mahasiswa 2014/2015, Sabtu (27/12) lalu di auditorium kampus setempat dan dihadiri oleh orang tua mahasiswa.

“Kalau untuk besaran dananya saya tidak hafal,” katanya.
Cahyo menjelaskan, untuk pemerataan penerima beasiswa berasal dari semua fakultas. Pemberian beasiswa dipertimbangkan melalui survei, agar tepat sasaran.

“Jadi yang mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa yang pandai namun kurang beruntung dalam hal ekonomi,” ungkpanya.
Tak lupa, dia mengimbau kepada penerima beasiswa untuk terus meningkatkan prestasi. Sebab, biaya kuliah penerima beasiswa sudah ditanggung oleh universitas. Artinya, tugas dari mahasiswa hanya menimba ilmu saja.

“Penerima beasiswa harus bisa memanfaatkan fasilitas dengan sebaik-baiknya. Tugas mereka hanya belajar dan belajar. Jadi tidak perlu memikirkan biaya kuliah, karena sudah ditanggung,” tandasnya.

Cahyo menjelaskan alasan mengapa penerima beasiswa harus meningkatkan prestasi akademik. Yang jelas untuk mendorong agar mahasiswa penerima bantuan tidak menurun prestasinya dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah diterima. Mereka dituntut untuk memperoleh indeks prestasi (IP) minimal 3,5.

“Syukur-syukur bisa memperoleh IP 4. Sebab, apabila kurang dari IP yang ditentukan, kampus akan mengevaluasi lagi apakah mahasiswa tersebut masih layak menerima beasiswa atau tidak. Tentunya, secara berkala, kami akan melakukan evaluasi,” akunya. (put/lis)