Tiga Gereja mendapat Perhatian Khusus

111

SALATIGA— Tidak ingin kecolongan dengan hal-hal yang berhubungan dengan teror saat perayaan Natal, tim gegana Polda Jateng dan Polres Salatiga melakukan sterilisasi gereja-gereja di Salatiga, dengan menggunakan anjing pelacak dan alat detektor bom, Rabu (24/12). Dari puluhan gereja di Salatiga, ada tiga yang mendapatkan pengemanan khusus.

Menurut Iptu Namidi sebagai Komandan Tim Gegana menuturkan, kegiatan sterilisasi tempat ibadah atau perayaan Natal ini menindaklanjuti instruksi dari Kapolri dan Kapolda Jateng. Rencananya pengamanan akan dilakukan hingga tahun baru. Kapolda mengirim beberapa tim ke beberapa kota di Jawa Tengah. Satu tim berisi sepuluh orang. “Saat ini kondisi Salatiga aman terkendali. Kami berharap, tidak ada hal negatif yang bisa mengganggu perayaan Natal kali ini. Kami siap dengan semua personil,” tutur Namidi.

Menurut Kabag Ops Kompol Sutarto, ada satu gereja yang perlu diprioritaskan keamanannya terkait isu terorisme di Salatiga. Keamanan Natal juga memprioritaskan kemacetan lalu lintas, keamanan kecelakaan. “Secara over all, semua gereja mendapat pengamanan yang sama. Hanya jumlah personilnya yang kita lainkan. Gereja yang banyak jema’atnya kita siapkan pospam. Kalau gereja kecil personilnya nempel di situ juga,” terangnya.

Kompol Sutarto menambahkan, ada tiga gereja yang telah disiapkan pospam karena memang banyak jemaatnya yaitu Gereja Paulus Miki, Gereja Bethani dan Gereja Efata. Satu lag Pos pelayanan di depan Ramayana. “Kemanan sudah kami siapkan. Nanti petugas gabungan akan bekerja terus sampai tahun baru. Kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengamanan Natal dan tahun baru,” katanya. (mg14/zal)