Ajak Pilah Sampah Plastik

238
PEDULI LINGKUNGAN : Para anggota Komunitas Biji (Koji) saat menggelar aksi memancing sampah plastik di sekitar Lapangan Mataram Kota Pekalongan kemarin. (Hanafi/radar semarang)
 PEDULI LINGKUNGAN : Para anggota Komunitas Biji (Koji) saat menggelar aksi memancing  sampah plastik di sekitar Lapangan Mataram Kota Pekalongan kemarin. (Hanafi/radar semarang)

PEDULI LINGKUNGAN : Para anggota Komunitas Biji (Koji) saat menggelar aksi memancing sampah plastik di sekitar Lapangan Mataram Kota Pekalongan kemarin. (Hanafi/radar semarang)

PEKALONGAN – Sebagai bentuk kepedulian, Komunitas Biji (Koji) menggelar aksi memancing sampah plastik di sekitar Lapangan Mataram Kota Pekalongan, kemarin. Acara ini merupakan upaya komunitas penggiat lingkungan tersebut untuk mengedukasi masyarakat mengenai pemilahan sampah plastik.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami dalam mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satunya adalah memilah sampah plastik yang ada di lingkungan kita. Caranya dengan metode pancing sampah plastik yang bertujuan mengikat sampah agar tidak terurai di sembarang tempat,” kata Ketua Koji, Andi Setyawan. Metode yang digunakan cukup sederhana. Dengan menggunakan jarum, senar, jadi setiap sampah plastik dirajut. Sehingga tidak mengurai dan terkumpul jadi satu dan mudah dibuang.

Ditambahkan Andi, sampah plastik di lingkungan saat ini sudah tidak terbatas jumlahnya. Ditambah perilaku masyarakat yang membuang sampah plastik sembarang berakibat pada menumpuknya sampah plastik sehingga berdampak pula pada bencana alam. “Mau tidak mau kita harus bergerak untuk menyadarkan masyarakat agar mau memilah sampah plastik agar tidak menumpuk di luar sana,” ucapnya.

Pada kesempatan kemarin Koji mengajak siswa binaannya, yakni 20 siswa siswi SMK 4. Dengan rute kegiatan dimulai dari komplek kantor Pemkot Pekalongan, lapangan Mataram serta lokasi sekitar pasar tiban di Jalan Wilis. Terlihat semua peserta terlihat sangat menikmati dan senang mengikuti kegiatan tersebut.

Salah satu peserta Andi Ahmad Sofan, mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Paling tidak kami bisa membantu dalam upaya menjaga lingkungan, dengan memilah sampah plastik kita bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di sekitar kita,” tuturnya.

Koji berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat paling tidak tertarik dan berujung pada mau untuk mencoba metode pancing sampah plastik ini di lingkungan masing masing. (han/ric)