Rute Semarang – Jakarta Jadi Primadona

118

SEMARANG – Rute Semarang – Jakarta menjadi rute penerbangan domestik yang paling banyak digunakan melalui Bandara Ahmad Yani Semarang. Selama tiga tahun terakhir, jumlah penumpang dengan rute Semarang – Jakarta terus meningkat. Saat ini pada peak season penumpang bisa mencapai antara 6 – 7 ribu orang.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko mengatakan, hal ini tak terlepas dari angka pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang meningkat, serta berkembangnya sektor pariwisata di wilayah Jawa Tengah. Hal tersebut berdampak pada banyaknya investor dari Jakarta dan sekitarnya yang kerap melakukan perjalanan bisnis dengan rute tersebut. “Perkembangan ekonomi Jateng menjadi daya tarik bagi para investor. Dari situ banyak yang menggunakan jasa penerbangan dalam melakukan perjalanan bisnis atau untuk berwisata,” ujarnya.

Sejumlah maskapai penerbangan, lanjutnya, per hari juga setidaknya melayani tiga kali penerbangan dengan jam yang berbeda. Mulai dari pagi, siang dan malam. Bahkan belum lama ini, maskapai penerbangan premium Batik Air juga membuka rute penerbangan tersebut, dengan melayani 3 kali penerbangan dalam satu hari. Yaitu berangkat dari Semarang pukul 06.00, 07.00 dan 20.00. “Berdasarkan catatan kami, permintaan perjalanan akan rute ini sangat tinggi. Karena itu sangat potensial untuk digarap. Sejauh ini target belum ditetapkan, tapi kami optimistis jumlah penumpang akan tinggi,” tandas Manager Operasional Batik Air I Putu Wijaya. (dna/smu)