Luncurkan Layanan Komersial Mobile 4G LTE

123
PELUNCURAN 4G : Menteri Komunikasi & Informatika, Rudiantara (tengah) bersama Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga (kedua dari kanan); Dirjend SDPPI Postel Kemkominfo, M Budi Setiawan (paling kanan); Plt. Direktur Utama Telkom, Indra Utoyo (kedua dari kiri); dan Direktur Sales Telkomsel, Mas'ud Khamid (paling kiri) saat peluncuran Layanan Komersial Mobile 4G LTE Telkomsel yang pertama di Indonesia, Senin (8/12) di Jakarta. (IST)
 PELUNCURAN 4G : Menteri Komunikasi & Informatika, Rudiantara  (tengah) bersama Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga (kedua dari kanan); Dirjend SDPPI Postel Kemkominfo, M Budi Setiawan (paling kanan); Plt. Direktur Utama Telkom, Indra Utoyo (kedua dari kiri); dan Direktur Sales Telkomsel, Mas'ud Khamid (paling kiri) saat peluncuran Layanan Komersial Mobile 4G LTE Telkomsel yang pertama di Indonesia, Senin (8/12) di Jakarta.  (IST)

PELUNCURAN 4G : Menteri Komunikasi & Informatika, Rudiantara (tengah) bersama Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga (kedua dari kanan); Dirjend SDPPI Postel Kemkominfo, M Budi Setiawan (paling kanan); Plt. Direktur Utama Telkom, Indra Utoyo (kedua dari kiri); dan Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid (paling kiri) saat peluncuran Layanan Komersial Mobile 4G LTE Telkomsel yang pertama di Indonesia, Senin (8/12) di Jakarta. (IST)

TELKOMSEL meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Hadirnya teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G dan sekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobile broadband yang terus meningkat.

Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga mengatakan, setelah sukses melakukan serangkaian uji coba 4G LTE sejak tahun 2010, termasuk yang terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013, kini Telkomsel menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial dan benar-benar bisa dinikmati masyarakat. “Layanan ini akan memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik. Dimana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya,” katanya.

Layanan 4G LTE ini dipercaya akan memberikan pelanggan kepuasan tersendiri di dalam menikmati berbagai aktivitas yang erat dengan digital lifestyle seperti akses video streaming dan musik dengan kualitas yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih cepat, serta menikmati game online tanpa adanya delay dengan kualitas gambar HD (High Definition). Selain itu download/upload file juga dapat dilakukan lebih cepat, melakukan video conference dengan kualitas koneksi dan gambar yang lebih jernih, dan mengakses data di cloud dengan lebih cepat.

Layanan Telkomsel 4G LTE digelar di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz, yang memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps. Frekuensi 900MHz memiliki daya pancar yang lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung/rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.

“Untuk tahap awal, dengan lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali,” katanya.
Ke depannya secara bertahap, imbuhnya, akan dikembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota besar lainnya. “Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22 provinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini,” ungkap Alex.

Untuk memastikan ketersediaan ponsel 4G LTE, Telkomsel menggandeng vendor ponsel Samsung sebagai mitra strategis 4G LTE, juga LG Mobile, Microsoft dan HTC serta berbagai vendor lokal lainnya. Telkomsel juga akan menghadirkan serangkaian program promo untuk pelanggan yang berlangsung di GraPARI dan secara khusus di event Telkomsel 4G LTE Sales Exhibition pada tanggal 19-21 Desember 2014 di ‘The Space’ Senayan City.

Agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan memakai simcard 4G LTE yang disebut USIM (USIM merupakan simcard khusus dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses berkecepatan tinggi).

Pelanggan Telkomsel yang ponselnya sudah mendukung layanan 4G, baik pascabayar (kartuHalo) maupun prbayar (simPARI, KartuAs, dan LOOP) cukup menukarkan simcard mereka dengan USIM secara gratis tanpa harus mengubah nomor yang mereka miliki saat ini dengan pilihan datang ke GraPARI atau meminta untuk dikirim ke rumah. Pelanggan yang saat ini ponselnya sudah mendukung layanan 4G LTE akan mendapatkan SMS untuk menentukan pilihan tersebut. Sedangkan bagi pelanggan baru yang telah memiliki ponsel 4G LTE bisa mendapatkan USIM di seluruh GraPARI Telkomsel di Jakarta & Bali.

“Kelebihan dari layanan Telkomsel 4G LTE ialah bahwa pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE. Untuk menikmati layanan content 4G LTE, pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel,” imbuhnya. (adv/ida)