SURABAYA – Tim basket putri Jateng akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana mereka di ajang PON Remaja I. Siang (8/12) kemarin Sofiana Widiastuti dkk berhasil menang tipis satu bola 45-43 atas Banten.

Kemenangan Jateng atas Banten tersebut sekaligus membuka asa mereka untuk melaju ke babak selanjutnya mengingat di laga perdana sebelumnya, Jateng harus tumbang 50-59 atas tim DI Jogjakarta.

Setelah ini, anak-anak Jateng masih menyisakan dua laga lanjutan yaitu melawan Sumatera Barat Kamis (11/12) dan terakhir mereka akan menghadapi tim kuat Jawa Barat Jumat (12/12) mendatang.“Peluang masih cukup terbuka, namun kami masih butuh kemenangan di dua pertandingan sisa terutama lawan Jabar di pertandingan terakhir kami harus mampu menang,” kata pelatih Jateng, Jap Ricky Lesmana kemarin.

Laga Jateng versus Banten di GOR CLS Surabaya kemarin memang berjalan ketat sejak kuarter pertama. Bahkan di kuarter itu anaka-anak Jateng harus tertinggal lebih dahulu dengan skor 6-12.

Namun di kuarter kedua dan ketiga permainan Jateng semakin membaik. Dominasi Jeselyn Rasali, Sofiana Widiastuti dan Tara Maya membuat skema defense Banten kelimpungan, hingga akhirnya Jateng mampu menang tipis 45-43 di kuarter penentuan.

Lebih lanjut Ricky mengatakan, di dua laga awal kemarin pasukannya memang belum mampu menampilkan permainan yang konsisten. Rapuhnya skema defense menjadi perhatian utama tim putri Jateng. “Selain itu anak-anak juga masih sering terburu-buru. Ya setelah ini kami libur sehari perbaikan akan kami lakukan terutama di defense anak-anak harus berubah lebih baik lagi di dua pertandingan yang menentukan besok,” tegasnya.

Sementara untuk tim basket putra, petang kemarin Yoshua Otto dkk akhirnya menelan kekalahan kedua. Dalam laga yang juga digelar di GOR CLS Surabaya, tim putra Jateng akhirnya harus menyerah 39-72 atas tim tuan rumah Jatim. (bas/zal)