TUGU MUDA – Sebanyak 30 peserta lelang jabatan eselon II di lingkungan Provinsi Jateng, mengikuti tahapan seleksi tes psikologi oleh Mabes Polri di Wisma Perdamaian selama dua hari, Senin-Selasa (8-9/12) kemarin. Sebelumnya ada 48 peserta telah mengikuti tes seleksi tertulis yang digelar Selasa (2/12) lalu.

Ketua Pansel Lelang Jabatan Eselon II Provinsi Jateng, Budi Prayitno mengatakan, seleksi tahap ini berkutat dengan psikologis. Terdiri atas sejumlah materi langsung dari Mabes Polri. ”Untuk tes psikologi ini yang mengadakan dari Mabes Polri. Dilakukan selama dua hari dengan 30 peserta yang dinyatakan lolos,” katanya.

Budi Prayitno mengaku tidak mengetahui secara detail terkait dengan seleksi psikologi tersebut. Termasuk dengan apa saja yang diteskan dalam tahapan itu. Pihak Panitia Seleksi nantinya hanya menerima hasil akhir saja. ”Kalau hasil tesnya bagaimana, ditunggu saja. Karena kami hanya merima hasil tes,” imbuhnya.

Seperti diketahui Pemprov Jateng membuka lelang jabatan untuk posisi eselon II di lima instansi. Yakni untuk posisi Kepala Dinas Kesehatan; Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial; Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah; Wakil Direktur Umum RSUD dr Moewardi serta Wakil Diretur Pelayanan RSUD dr Moewardi. ”Untuk tes selanjutnya, peserta akan mengikuti tes wawancara dan track record dari masing-masing peserta,” tambahnya.

Ia berharap agar tes lelang jabatan bisa berjalan dengan lancar. Dari jumlah itu, nantinya akan diambil tiga peserta dari masing-masing jabatan untuk diserahkan kepada Gubernur Jateng maksimal 16 Desember mendatang.

Ia mengaku senang dengan banyaknya peserta yang ikut lelang jabatan tersebut. Sehingga bisa dicari yang terbaik dari yang baik. Setiap perkembangan informasi seleksi, bisa dilihat melalui website Pemprov Jateng dengan alamat www.jatengprov.go.id. ”Terkait dengan proses seleksi ini masyarakat diharapkan bisa memberikan masukan untuk membantu panitia seleksi mengenai informasi rekam jejak para calon tersebut. Masukan dapat disampaikan melalui email sekpansel@jatengprov.go.id,” tambahnya. (fth/ida/ce1)