SEMARANG – Hari ini, KONI Jawa Tengah akan mempunyai ketua umum baru, menggantikan Tutuk Kurniawan yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Ketua umum baru tersebut akan dipilih melalui Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) KONI Jateng yang digelar di Hotel Patra Jasa Semarang pagi hingga sore nanti.

Tim penjaringan memastikan ada lima tokoh yang mendaftar sebagai bakal calon ketua umum. Mereka adalah Hartono, Andreas Budi Wiroharjo, Ronny Guritno, Daniel Toto Indiono dan Darwito. Mereka akan memperebutkan 92 suara yang berasal dari pengprov cabang olahraga, KONI kota/kabupaten se-Jateng, serta badan fungsional anggoat KONI Jateng.

Acara akan dimulai dengan sambutan Ketua Umum KONI Pusat, sambutan Gubernur Jawa Tengah, pembahasan dan pengesahan tata tertib, pemilihan pimpinan sidang, penyampaian visi dan misi, kemudian pemilihan ketua umum dan penetapan ketua umum terpilih.

Ketua panitia Musorprovlub KONI Jateng Sukahar mengatakan, pemilihan ketua umum menjadi agenda tunggal Musorpovlub tersebut. Tidak ada agenda lain termasuk pembentukan formatur. “Jadi kepengurusan masih akan tetap, karena ketua terpilih nanti sifatnya hanya antarwaktu melanjutkan kepemimpinan Tutuk Kurniawan hingga akhir 2016 mendatang,” tandas Sukahar.

Sementara, salah satu calon ketua umum yakni Hartono menegaskan siap bersaing dalam pemilihan ketua umum hari ini. Hartono telah menyiapkan paparan dalam penyampaian visi dan misi secara gamblang. “Kebetulan saya sudah menjabat pelaksana tugas ketua umum selama satu tahun, jadi saya paham apa yang menjadi permasalahan KONI Jateng dan olahraga Jateng selama ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Hartono menegaskan tidak akan bermain uang di arena Musorprovlub alias money politics. Dia akan mengandalkan program untuk merebut simpati pemilih. “Saya tegaskan tidak ada money politics. Sekarang bukan eranya bermain-main uang,” tegas Hartono. (smu)