Fokus di Cabor Perorangan

163

SURABAYA – Atlet Jawa Tengah secara bergelombang telah tiba di Surabaya, kemarin. Mereka siap bertarung dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I yang dibuka secara resmi pada 9 Desember dan berlangsung hingga 15 Desember di Kota Pahlawan tersebut. Sebelum pembukaan, beberapa cabor akan dipertandingkan lebih dulu seperti sepak bola dan basket.

Bertanding di 113 nomor dari 131 yang dipertandingkan, Jateng tampil cukup percaya diri. Hasil di beberapa Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) terakhir di mana Jateng selalu masuk di posisi empat besar, membuat kontingan Jateng yakin hasilnya juga tetap akan tak jauh dari Popnas. “Memang pilihan kami harus bisa mengambil medali semaksimal mungkin di cabor perorangan seperti atletik, anggar, silat dan renang, di mana kami yakin bisa maksimal,” terang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jateng Budi Santoso.

Namun Kadinpora juga mengatakan Jateng juga akan habis-habisan melalui cabor-cabor beregu yang memiliki peluang besar meraih medali. Cabor basket dan sepak bola, diyakini Kadinpora akan dapat merebut medali.

Di ajang PON Remaja yang pertama kali ini, Jateng sendiri menargetkan untuk bisa menembus tiga besar perolehan medali tentunya dengan bayang-bayang kekuatan daerah lain seperti tuan rumah Jatim, DKI Jakarta dan Jabar. “Tapi di kelompok usia seperti PON Remaja ini kekuatannya sedikit sudah diprediksi. Kami semua berjuang untuk bisa menembus tiga besar perolehan medali akhir nanti,” sambung Kadinpora dihubungi kemarin.

Sementara dari cabor atletik, kontingen Jateng akan menyiapkan 13 atlet terbaik. Ketua Harian Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng, Rumini dihubungi kemarin mengatakan, 13 atlet Jateng tersebut didapat melalui hasil seleksi yang digelar PASI Jateng beberapa waktu yang lalu. “Selain melalui seleksi juga kita saring melalui tiga event sebelumnya termasuk Kejurnas atletik remaja bulan April lalu. Saat ini kita telah mendapatkan 13 nama untuk turun di PON Remaja I,” terang mantan pelari nasional itu.

Disinggung mengenai peluang, Rumini menambahkan, Jateng berpeluang besar menyabet medali di beberapa nomor lempar seperti lempar lembing dan lempar cakram serta beberapa nomor lari jarak jauh. “Untuk lempar lembing kita punya atlet bagus yang memang baru muncul di beberapa kejuaraan kemarin. Sedangkan untuk lari di nomor lari 400 m putri serta nomor estafet kita berpeluang meraih medali,” sambungnya.

Dari total 13 nama atlet Jateng yang akan turun di cabor atletik PON Remaja I itu, dua di antaranya merupakan sprinter asal Kota Semarang yaitu Adelaine Theemba (400 m putri) dan Edo Chandra (100 m dan 200 m putra). (bas/smu)