DIANDALKAN: Nico Pasura (merah) saat berlaga di Piala Suratin lalu bersama Persis Solo Yunior. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
 DIANDALKAN: Nico Pasura (merah) saat berlaga di Piala Suratin lalu bersama Persis Solo Yunior. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

DIANDALKAN: Nico Pasura (merah) saat berlaga di Piala Suratin lalu bersama Persis Solo Yunior. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tiga punggawa tim sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja Jateng yaitu Nico Pasura, Riky Julian dan Frediyan yang baru saja turun bersama tim Persis Solo Yunior di putaran final ajang Piala Soeratin 2014 langsung bergabung bersama tim. Meski baru bergabung, ketiga pemain andal tersebut diharapkan bisa langsung ‘in’ dengan tim.

Asisten manajer tim sepak bola Jateng Putut Wibowo Adi dihubungi kemarin mengatakan, ketiga pemain Persis Solo Yunior tersebut bergabung bersama anak-anak Jateng lainnya di Surabaya Kamis (4/12) kemarin. Tim sepak bola Jateng sendiri bertolak ke Surabaya Rabu (3/12) malam. “Jadi kebetulan kemarin putaran final Piala Soeratin di Sidoarjo dan mereka menginap di Surabaya. Jadi ketiganya langsung kami jemput di Surabaya dan bergabung bersama tim besok (hari ini, Red),” terang Putut kemarin.

Pihaknya optimistis ketiga pemain yang menjadi pilar Jateng di babak kualifikasi kemarin itu bisa langsung in dengan pemain lainnya meski ketiganya tidak bergabung dalam pemusatan latihan yang digelar selama persiapan kemarin. “Tidak masalah karena ketiganya juga sudah bergabung di babak kualifikasi kemarin. Untuk recovery juga tidak ada masalah karena kami baru akan bertanding pada 8 Desember,” sambung Putut dihubungi kemarin.

Sementara di ajang PON Remaja mendatang, tim sepak bola Jateng akan berada di Grup B. tim polesan Ashadi tersebut akan bertarung dengan dua tim lainnya yaitu Lampung dan Kalsel. Putaran final tersebut total diikuti oleh 12 tim yang terbagi dalam empat grup di mana setiap grup dihuni oleh tiga tim. “Di babak tersebut menggunakan sistem setengah kompetisi di mana nantinya juara dan runner up masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar untuk kemudian memerebutkan tiket ke semi final dan final,” kata Putut.

Dalam putaran final yang digelar di lima tempat yaitu Lapangan Brawijaya, ITS, Bumimoro Surabaya dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo tersebut ,Jateng juga terhindar dari salah satu tim kuat yaitu tuan rumah Jatim. Di penyisihan grup Jatim bercokol di Grup C bersama Sulut dan Maluku Utara. “Jatim akan menjadi salah satu lawan terberat kami,” sambung Putut.

Cabor sepak bola sedikit mengalami pergeseran jadwal. Semula cabor tersebut akan mulai digeber pada 6 Desember 2014, namun jadwal terbaru sepak bola akan mulai dipertandingkan ada 8 Desember atau sehari menjelang pembukaan PON Remaja. (bas/smu)