H Fahrudin Bisri Slamet. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Fahrudin Bisri Slamet. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Fahrudin Bisri Slamet. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Sudarno. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Sudarno. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Sonhaji. (WAHIB PRIBADI/RASE)
H Sonhaji. (WAHIB PRIBADI/RASE)

DEMAK- Tiga nama siap meramaikan bursa calon Ketua DPC PDIP Demak. Bahkan, nama-nama kandidat tersebut telah dikirimkan ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jateng. Yaitu, Fahrudin Bisri Slamet (Sekretaris DPC PDIP), Sudarno (Bendahara) dan Sonhaji (Wakil Ketua DPC). Ketiga nama tersebut diusulkan ke DPP sebagai hasil rapat kerja cabang (Rakercab) DPC PDIP yang berlangsung di Kantor DPC PDIP, Jalan Sultan Hadiwijaya, Kota Demak, kemarin malam.

Sekretaris DPC PDIP Demak, Fahrudin Bisri Slamet mengatakan, pengusulan tiga nama itu mendasarkan surat ketetapan Nomor 067/TAP/DPP/XI/2014 tentang mekanisme penjaringan dan penyaringan calon ketua PAC, DPC dan DPD PDIP. Karena itu, setelah dilakukan rakercab, secara resmi telah terjaring tiga nama tersebut.

Menurutnya, pemilihan ketua DPC PDIP Demak direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Desember atau awal Januari 2015 mendatang. “Berita acara tiga nama hasil rakercab ini, kita kirimkan ke DPP lewat DPD,” ujar Slamet, kemarin. Informasi yang dihimpun koran ini, Ketua DPC PDIP Demak Mugiyono legowo tidak mencalonkan diri lagi karena ingin berkonsentrasi sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng.

Karena itu, bursa pencalonan Ketua DPC PDIP diserahkan kepada fungsionaris partai yang lain. Menurut Slamet, tidak hanya untuk menjaring calon ketua DPC PDIP saja, namun penjaringan juga berlaku untuk calon ketua PAC PDIP. Dia menambahkan, dalam mekanisme pemilihan ketua DPC nanti tidak boleh dilakukan secara voting. Sebaliknya dilaksanakan sesuai azas musyawarah mufakat atau rembukan bersama. “Jadi, tidak boleh voting,” katanya. Slamet mengatakan, siapapun yang menjadi Ketua DPC PDIP Demak nanti harus menargetkan minimal bisa memperoleh 10 kursi dalam pemilihan legislatif pada 2019 mendatang. (hib/ric)