SEMARANG TENGAH – Masyarakat Kota Semarang hari ini dapat menikmati program pemerintah berupa Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Pencairan dana PSKS di Semarang dimulai Senin (2/12) hingga Minggu (7/12) mendatang, di kantor-kantor pos yang telah ditentukan sesuai dengan masing-masing kecamatan.

Kepala Kantor Pos Johar, A.M Amran mengatakan jadwal pengambilan dana simpanan telah disosialisasikan jauh-jauh hari sebelumnya. Yaitu lewat pemerintah kecamatan, kelurahan hingga tingkat terbawah sampai RT-RW setempat.

Ia menjelaskan bahwa syarat pencairan dana PSKS yaitu dengan membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS), jika PKPS hilang atau rusak maka harus menghubungi pihak kecamatan untuk membuat surat keterangan hilang/rusak yang disahkan oleh lurah. Selanjutnya yaitu menunjukan identitas berupa KTP yang masih berlaku. ”Bagi mereka para manula, dan secara fisik tidak kuat menuju kantor pos, sebaiknya menghubungi RT-RW lalu kami dari pihak kantor pos akan membantu mencairkan dana PSKS dan langsung antar ke rumah. Sehingga memudahkan para orang tua,” jelas Amran, Senin (1/12).

Di Jawa Tengah, tahapan realisasi program ini yaitu kali pertama di Kota Semarang dan Tegal. Yaitu dengan pemberian SKS melalui rekening simpanan uang elektronik. Di Semarang dan Tegal besaran keluarga yang menerima program ini yaitu hampir 130 ribu. ”Program tersebut merupakan era baru dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu yaitu melalui kegiatan produktif berupa rekening simpanan, keberlanjutan pendidikan anak serta pemberian jaminan kesehatan yang lebih luas,” jelas Rajeshanagara Sutedja, Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Program Simpanan Keluarga Sejahtera bagi pemegang KKS itu sendiri merupakan program pemberian bantuan nontunai dalam bentuk simpanan yang diberikan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia, sejumlah Rp 200.000/keluarga/bulan. Untuk tahun 2014, dibayarkan sekaligus Rp 400.000 untuk bulan November dan Desember. (ewb/zal/ce1)