SEMARANG–Para pelaku UKM akan mendapatkan bantuan sertifikasi gratis untuk tanah yang dimilikinya. Bantuan yang diberikan Kementrian Koperasi dan UKM ini, untuk memudahkan para pelaku UKM dalam mencari modal dengan menjaminkan tanah mereka ke bank.

Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari mengatakan bahwa banyak tanah yang dimiliki oleh pelaku UKM bernilai ekonomi. Namun demikian, tidak laku bila dijaminkan ke bank, karena belum bersertifikat.
“Bank tidak mau menerima karena memang status hukumnya tidak jelas. Karena itu, kami fasilitasi mereka dengan mengadakan program sertifikasi tanah,” ujarnya usai meresmikan UMKM Centre, kemarin (25/11).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiyatmoko menambahkan bahwa untuk tahun ini pihaknya telah memfasilitasi para pelaku UKM di Jateng dengan menerbitkan 1500 sertifikat tanah. “Tahun depan kami menyiapkan 2700 lembar sertifikat gratis,” ujarnya.

Sertifikasi gratis ini, ucapnya, memberikan peluang bagi para pelaku UMKM yang telah memiliki tanah dan usahanya prduktif. Menurutnya, selama tanah yang mereka miliki tidak ada masalah hukum, maka dapat langsung didaftarkan untuk disertifikasi gratis.

“Ini salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung kemajuan UMKM. Dimana kami memudahkan para pelaku untuk lebih mudah mendapatkan modal,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan UMKM Centre yang mulai dibuka kemarin, ke depan akan diisi dengan berbagai hasil yang dimiliki oleh UMKM dari Jateng, dengan dibagi berdasarkan cluster masing-masing.

“Dengan adanya UMKM Centre ini diharapkan bisa mengenalkan produk-produk mereka ke masyarakat dan memudahkan dalam memasarkan. Selain itu, sebagai wadah mereka dalam mengembangkan bidang yang difokuskan,” tandasnya. (dna/ida)