Bisnis Online di Sela Kerja

220
MIFTAHUL A’LA/RADAR SEMARANG
MIFTAHUL A’LA/RADAR SEMARANG
MIFTAHUL A’LA/RADAR SEMARANG

RIESNA Aprilia Rosyida adalah sosok yang kreatif dan pekerja keras. Ia mengaku tidak bisa hanya berdiam diri tanpa melakukan aktivitas. Riesna –sapaan akrabnya— selalu memanfaatkan waktu luang untuk sesuatu hal yang kreatif dan bisa menghasilkan. Salah satunya ia menekuni bisnis online sejak 2012.

Baginya, bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, serta tidak membutuhkan modal yang besar.
Gadis kelahiran Semarang, 12 April 1989 ini mengaku, bisnis online-nya itu dilakukan di sela kesibukannya sebagai staf di kantor Gubernur Jateng.

”Untuk mengisi waktu luang serta agar bisa tetap memiliki kegiatan yang positif. Saya sudah menjalankan bisnis ini sejak masih kuliah,” katanya kepada Radar Semarang.

Alumnus Komunikasi Universitas Semarang (USM) ini mengaku enjoy dengan bisnis online yang dijalani. Agar tetap eksis, kata Riesna, dibutuhkan kesabaran, keramahan, serta siap dikomplain oleh konsumen.

”Dalam bisnis online, saya tidak bertemu langsung dengan konsumen. Tapi, Alhamdulillah selama ini saya tidak pernah kena tipu,” akunya.

Menurut Riesna, pelaku bisnis online harus pandai-pandai merawat pelanggan. Apalagi sekarang sudah banyak yang menggeluti bisnis serupa.

Untuk menjaga pelanggan, ia menganggap konsumennya sebagai saudara sendiri. Dengan begitu, konsumen akan merasa nyaman, dan akan terus menjadi pelanggan setianya.

”Kunci dalam berbisnis online itu kejujuran dan kerja keras. Barang yang dipasarkan harus sesuai dengan kondisi, dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Hasilnya pun lumayan,” ucapnya sambil tersenyum manis. (fth/aro/ce1)