Eko Wahyu Budiyanto/Radar Semarang
Eko Wahyu Budiyanto/Radar Semarang
Eko Wahyu Budiyanto/Radar Semarang

MEMILIKI wajah yang cantik serta kemampuan akademik yang oke, membuat Juwita Ratih Octaviani terpilih sebagai Putri Kampus Universitas PGRI Semarang periode 2014-2015. Meski sudah menyandang gelar tersebut, cewek yang tergolong supel ini tetap tidak ada yang berubah.

Sebagai Putri Kampus, mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini pun semakin membekali diri dengan banyak membaca. Maklum, gadis yang akrab disapa Juwi ini telah menjadi duta bagi kampusnya. ”Saya suka membaca buku-buku sejarah sastra,” katanya kepada Radar Semarang.

Juwi sendiri sejak SMA sudah aktif di kegiatan OSIS dan Pramuka. Baginya, dengan aktif di organisasi bisa membantu dirinya belajar leadership, serta terampil dalam berkomunikasi.

Ia mengaku, dalam melakukan sesuatu hal, optimisme selalu ia terapkan pada setiap langkahnya. ”Tidak ada hal yang tidak mungkin. Semua hal bisa menjadi mungkin jika kita mau untuk terus berusaha,” ungkap Juwi.

Di samping kesibukannya menjadi duta kampus, Juwi memiliki hobi bermain basket sejak duduk di bangku SD. Meski kini sudah berjilbab, ia tetap tidak merasa risi jika bermain olahraga ini.

”Saya selalu menjadi pemain inti di klub basket sekolah saya. Bermain basket itu sangat seru. Kalau belum memasukkan bola ke ring, rasanya belum puas,” katanya.

Selain hobi basket, Juwi juga memiliki cita-cita memopulerkan bahasa Indonesia di luar negeri. Ia melihat, selain mudah dipelajari, bahasa Indonesia memiliki kekarakteristikan tersendiri dibanding dengan bahasa-bahasa negara lain. ”Hal itu dibuktikan dengan banyaknya warga asing yang mahir berbahasa Indonesia,” ujarnya. (ewb/aro/ce1)

JS: Populerkan Bahasa Indonesia di Luar Negeri