Harga Bawang Naik Rp. 2000, Tomat Rp. 1000

136

SALATIGA – Harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik seiring dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Pantauan Koran ini sayuran dan daging di Pasar Salatiga, Kamis (20/11) merangkak naik. Kenaikkan sangat fluktuatif tergantung jenis komoditinya.

Mulai dari tomat yang sebelumnya Rp 6.000 naik menjadi Rp 7.000. Kemudian bawang merah dan putih yang sebelumnya Rp 12.000 rupiah per kilo gram menjadi Rp 14.000 per kilo. Sementara daging ayam mengalami kenaikan menjadi Rp 25 ribu dari harga sebelumnya Rp 23 ribu per kilonya.

Menurut Haryati, 42, pedagang sayur di Pasar Raya I Salatiga, harga BBM yang cenderung naik membuat sayuran dari tengkulak naik. “Karena mengangkutnya sayur pakai mobil, jadi semua sayuran naik. Sebenarnya saya juga kasihan sama pelanggan, soalnya pelanggan saya banyak juga yang suaminya buruh. Semua naik tapi gaji buruh belum naik. Jadi kalau jualan sering ribut dulu,” keluhnya.

Hal senada juga diungkapkan Siti, 35, pedagang daging ayam, sebelum BBM naik harga di peternakan sudah naik. “Kita pedagang hanya mengikuti harga. Kalau sama jelas kita tidak untung. Kita hanya ikut harga dari penyetor, kalau naik jelas harga di pasar juga naik” imbuh dia.

Susiyanti, 36, pembeli sayuran di Pasar Raya I Salatiga mengeluhkan kenaikan harga di pasar. “Saya hanya buruh tekstil di Salatiga, kalau harga mau naik, seharusnya gaji buruh juga dinaikkan. Paling tidak pemerintah harusnya menaikkan gaji buruh dulu, baru BBM. Karena kami yang di lapangan berat” keluhnya.(mg14/sas/zal)