SEMARANG – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Semarang akan menggelar kompetisi basket khusus Senior Januari 2015 mendatang. Sebanyak sembilan klub basket anggota Perbasi Semarang akan bersaing dalam kompetisi tersebut. Sistem pertandingan menggunakan kompetisi penuh kandang dan tandang.

Klub-klub tersebut adalah Sahabat, Kumala Jaya, Tunas Satria, Putra Jaya, Victroy, NBC, Alexis, Putra Yamaha, dan USB. Selain itu, juga digelar eksebishi untuk pemain veteran. Adapun pemain yang diperkenan bermain berusia 19-45 tahun. Sedangkan untuk veteran, berusia 50 tahun ke atas dengan ketentuan bisa diperkuat dua pemain antara usia 46-49 tahun.

Tiap klub, maksimal bisa menerjunkan dua tim dengan minimal pemain tiap tim sebanyak delapan orang. Ketua Perbasi Semarang Nelwan Hendarto menyatakan, kompetisi ini untuk mewadahi pemain senior Ibu Kota Jateng agar tetap eksis dan bersemangat berlatih. Selama ini mereka hanya berlatih di klub masing-masing. ”Perbasi ingin memberikan mereka sebuah kompetisi agar basket di Semarang makin bergairah seperti pada level pelajar. Harus diakui, turnamen untuk pemain senior masih sangat minim. Padahal, mereka adalah mantan-mantan pemain yang pernah membela kota ini di berbagai ajang,” tutur Nelwan di sela-sela penyerahan bantuan bola basket untuk klub anggota, Minggu (16/11).

Meski terbilang senior, Mereka juga butuh penyaluran agar teknik bermain tidak menurun. Mereka sebagian ada yang sudah melatih di beberapa klub ataupun sekolah. Agar tetap terasah, perlu diberikan sebuah wadah. Sedangkan terkait bantuan bola basket, sebagai upaya meningkatkan pembinaan pemain. ”Dengan bantuan ini, pembinaan di klub anggota makin intens. Bagaimanapun juga, klub adalah ujung tombak pembinaan basket. Sebab dari klublah seorang belajar mengenai basket,” tandas pria yang juga pengusaha itu. (smu)