17 Titik Tanggul Sungai Rawan Jebol

148

DEMAK-Sebanyak 17 titik tanggul sungai di wilayah Demak rawan jebol. Kondisinya dilaporkan sangat kritis. Tanggul yang mudah bobol ini antara lain berada di sepanjang Sungai Wulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Anjar Gunadi melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Dwi Artanto mengungkapkan, berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya potensi banjir justru berada didaerah lokasi tanggul yang keadaannya labil.

Untuk Sungai Wulan misalnya, sungai tersebut tidak maksimal dalam menampung kiriman air dari wilayah Blora, dan Grobogan. Sebab, air yang menumpuk di Bendung Wilalung tersebut justru tidak bisa dibagi secara proporsional ke berbagai arah sesuai pintu bendungan.

Mestinya, air bisa dialirkan kea rah Kudus dan Pati. Namun, karena pintu bendungan tidak normal, akhirnya air di bendung Wilalung itu banyak yang dialirkan ke wilayah Demak. Dampaknya, aliran air yang deras tersebut bisa membahayakan kondisi tanggul yang kritis.

“Ini seperti banjir yang terjadi di wilayah Mijen dan Wedung tahun lalu akibat tanggul sungai jebol,”katanya disela rakor antisipasi bencana banjir yang berlangsung di ruang Bina Praja, kemarin. Menurut Dwi, dalam rakor ini dihadiri seluruh SKPD tekhnis terkait, termasuk dari kecamatan dan desa yang rawan banjir. (hib/zal)