Tutuk Akhirnya Menyerah

132

SEMARANG – Ketua Umum nonaktif KONI Jateng Tutuk Kurniawan akhirnya menyetujui digelarnya Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorporlub) KONI Jateng. Agenda tersebut dipastikan digelar sebelum masa jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum KONI Hartono berakhir pada November ini.

”Untuk menggelar Musorprovlub perlu dibuat surat keputusan. Surat tersebut sudah saya tandatangani pada 10 November lalu dan saya kirimkan kepada pengurus inti KONI pada Kamis (13/11) pagi,” kata Tutuk.

Surat keputusan, kata dia, perlu dibuat agar hasil Musorprovlub, yang antara lain memilih ketua umum dan pengurus, tidak digugat oleh pihak-pihak yang tidak berkenan di kemudian hari. Dengan surat tersebut, ia berharap Musyawarah mendapat legitimasi dan hasilnya diterima semua pihak. ”Surat keputusan diadakannya Musorporvlub ini murni inisiatif pribadi saya. Pertimbangan saya dalah demi memajukan olahraga di Jawa Tengah. Siapa pun nanti yang menjadi ketua umum nanti harus didukung,” ungkapnya.

Untuk waktu pelaksanaan, ia serahkan sepenuhnya kepada pelaksana tugas ketua umum dan pengurus. ”Sebelum masa bakti Plt KONI berakhir, ya, sebelum 30 November,” katanya.

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI, Musorpovlub dapat digelar antara lain jika ketua umum berhalangan tetap, ketua umum cacat tetap, mengundurkan diri, ada permintaan dari 2/3 anggota KONI, dan keputusan pengurus KONI.

Tutuk Kurniawan menjabat Ketua Umum pada Februari hingga November 2013. Karena berkonsentrasi pada masalah hukum, ia mengamanatkan jabatan tersebut kepada Wakil Ketua II (Bidang Pembinaan Prestasi) Hartono yang kemudian menjabat Pelaksana Tugas Ketua Umum hingga sekarang. ”Saya mengucapkan terima kasih kepada gubernur, sekretaris daerah, dan Dinpora Jateng yang selama ini telah membina saya. Saya berharap KONI ke depan menggunakan mayoritas dana untuk kepentingan prestasi. Administrasi yang sudah tertib agar ditertibkan lagi,” imbuh Tutuk. (bas/smu)